Sukses

RSHS Bandung Siapkan Pemisahan Pasien Kembar Siam ke-6

Pasien kembar siam ke-6 adalah bayi berusia 2 tahun 3 bulan dengan kondisi dempet kompleks.

Liputan6.com, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menerima pasien bayi kembar siam keenam asal Sumedang, Jawa Barat, bernama Devina dan Devani yang mengalami dempet di bawah pinggul.

Pendempetan anggota tubuh di bawah pinggul bayi kembar siam berusia 2 tahun 3 bulan itu akan diperiksa selama sepekan oleh tim dokter rumah sakit rujukan se-Jawa Barat tersebut.

Menurut Direktur Medis dan Keperawatan RS Hasan Sadikin Bandung, Nucky Hidayat, kondisi dempetan atau penyatuan anggota tubuh bayi kembar siam yang pernah dirawat di rumah sakit yang sama tersebut dianggap sangat kompleks.

"Pertama tulang pinggul bersatu, saluran air besarnya bersatu, saluran air kecilnya bersatu, kaki sebelah kanan terpisah tapi kaki bagian kiri tergabung," ujar Nucky Hidayat dalam keterangan resminya di Bandung, Rabu, 26 Oktober 2016.

Direktur Medis dan Keperawatan RSHS Bandung, Nucky Hidayat mengatakan pemeriksaan awal sudah dilakukan kemarin. Hari ini, tim dokter memeriksa kondisi bayi kembar siam itu dengan alat CT Scan dan zat kontras untuk mengetahui bagian yang akan dipisahkan.

Berdasarkan pemeriksaan awal, lanjut Nucky, seluruh organ tubuh bagian atas seperti mulut, usus dan perut seluruhnya terpisah.

Dia menambahkan, pemeriksaan medis terhadap bayi kembar siam asal Sumedang yang masuk ke RSHS Bandung pada Selasa, 25 Oktober 2016, bertujuan untuk mengetahui tindakan medis selanjutnya.

Pada pemeriksaan medis kemarin, tim dokter tidak menemukan penyakit yang diidap oleh bayi Devani dan Devina saat ini. Rekam medis mencatat kedua bayi itu pernah mengalami infeksi paru-paru, tapi dinyatakan sudah sembuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini