Sukses

Bertarung di Sungai, Nelayan Riau Taklukkan Buaya

Liputan6.com, Pelalawan - Seorang nelayan di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, menaklukkan seekor buaya muara sepanjang 2 meter. Buaya ini kemudian jadi tontotan warga setelah diletakkannya ke sebuah parit.

Kejadian pada Selasa 25 Oktober lalu itu bermula ketika nelayan bernama Syafrizal menebar jaringnya di Sungai Kampar. Dia berharap mendapatkan ikan Patin Kualo yang memang menjadi buruan utama nelayan di lokasi tersebut.

Jaring apung itu kemudian ditebar. Dengan sabar Syafrizal mengikutinya dengan sampan. Pelampung jaring-pun tertarik hingga tak terlihat. Dia gembira karena menduga banyak ikan yang tersangkut jaringnya.

"Ketika diangkat memang berat. Begitu dilihat, justru buaya yang tersangkut jaring," kata Syafrizal, Rabu (26/10/2016) petang.

Dia menceritakan, ketika jaring tenggelam dan ditarik ke bawah, dengan sabar dia menyisir jaringnya satu persatu, tapi tak ada ikan.

Dia sabar menarik hingga ke ujung jaring. Namun justru kebasan kuat yang diterimanya. Awalnya, Syafrizal menduga kebasan itu merupakan ikan besar yang menjadi target buruannya.

"Eh, pas dilihat lebih teliti, ternyata buaya panjang sekitar dua meter," katanya.

Syafrizal kemudian meminta tolong kepada nelayan lainnya untuk mengatasi mahluk dari zaman purba itu. Butuh waktu dan kekuatan besar untuk 'bertarung' sehingga buaya itu berhasil ditaklukkan.

"Untung sewaktu mengangkat buaya itu tidak ada yang terluka. Saya dan teman nelayan lainnya berhati-hati agar tidak kena kibasan ekor dan gigitan buaya itu," kata Syafrizal.

Buaya itu kemudian dibawanya ke darat dan dimasukkan ke parit. Warga yang mengetahui penangkapan buaya ini langsung berbondong-bondong melihat.

Menurut Syafrizal sudah lama buaya tidak terlihat di sungai tempatnya menjaring ikan. Tak ayal, peristiwa ini langsung membuat warga sekitar penasaran melihat makhluk yang sudah lama menghilang di sungai itu.

Seorang warga di Kecamatan Teluk Meranti, Hendrik Bono, membenarkan adanya penangkapan seekor buaya oleh nelayan di kecamatan Teluk Meranti.

Dia mengatakan penangkapan itu dilakukan oleh warga secara tidak sengaja, dimana kala itu seorang menebar jaring hanyut seterusnya terperangkap seekor buaya ukuran 2 meter.

"Lokasi terperangkapnya buaya ini tepatnya di Tanjung Seluk perairan Sungai Kampar di kecamatan Teluk Meranti. Kini sudah diamankan di sebuah parit dan menjadi tontonan masyarakat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini