Sukses

Ledakan di Kuta Square Bali, Ini Penjelasan PLN

Ledakan di Kuta Bali berawal dari tingginya beban listrik.

Liputan6.com, Denpasar - ‎ Gardu PLN di Pertokoan Kuta Square meledak pada Selasa siang 25 Oktober 2016. Deputi Manager Komunikasi PLN Distribusi Gusti Ketut Putra menjelaskan ledakan di Kuta Square akibat kelebihan beban yang memicu pada kebakaran.

"Kejadian itu disebabkan terbakarnya LV Board pada gardu depan pertokoan kawasan Kuta Square. Pada saat yang bersamaan LV Board di KA 4 di Jalan Tegalwangi Kuta juga terbakar karena kedua LV Board tersebut merupakan satu rangkaian dari trafo yang sama," katanya di Denpasar, Bali, Selasa (25/10/2016).

Menurutnya, meledaknya LV Board itu lantaran tingginya beban yang melampaui kemampuan kapasitas dari kabel dan peralatan LV Board. "Sehingga terjadi panas yang tinggi pada LV Board yang menyebabkan korsleting listrik dan menimbulkan suara seperti ledakan," ujarnya.

Pada saat kejadian, pihak keamanan Kuta Square berusaha memadamkan percikan api dengan menggunakan APAR jenis foam (serbuk) yang menimbulkan asap mengepul. Atas kejadian tersebut 10 pelanggan dengan total daya 65 kW terpaksa dipadamkan listriknya.

"Saat ini petugas PLN sedang melakukan proses penormalan dengan cara memasang instalasi darurat dengan saluran udara dan mengganti LV Board yang mengalami gangguan itu," kata Gusti Ketut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.