Sukses

Kabur Saat Penjaga Tidur, 3 Tahanan Tertangkap Kala Terlelap

Sementara itu, sekitar enam tahanan yang kabur dari sel tahanan Mapolsek di wilayah Riau masih buron.

Liputan6.com, Pekanbaru - Jajaran Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kampar, Provinsi Riau, berhasil membekuk tiga dari empat tahanan Polsek Kampar Kiri yang melarikan diri pada Kamis pekan lalu, 20 Oktober 2016, sekitar pukul 23.00 WIB.

"Tiga dari empat tahanan berhasil diamankan kembali di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung dinihari tadi," kata Kepala Polres Kampar, AKBP Edy Sumardi di Pekanbaru, Senin (14/10/2016), dilansir Antara.

Edy menuturkan, ketiga tahanan yang merupakan tersangka penyalahgunaan narkoba dan penganiayaan itu diamankan Senin dinihari sekitar pukul 01.30 WIB. Ketiga tersangka yang diamankan masing-masing Feri Siswanto yang tersangkut kasus narkoba dan Rifaldo serta Aldi yang tersangkut kasus penganiayaan.

Sementara, seorang tersangka lainnya yang diduga melarikan diri dengan cara menggergaji besi sel tahanan berinisial RV masih dikejar petugas. Edy yakin sesegera mungkin, tahanan terakhir dapat segera diamankan karena pihaknya terus melakukan pelacakan dengan berbagai cara.

Polres Kampar terus menelusuri dugaan kelalaian terkait kaburnya para tahanan itu dengan cara memeriksa seluruh penjaga piket yang bertugas saat itu.

Gergaji Sel

Sementara itu, peristiwa terbaru terjadi di Mapolsek Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau pada Minggu, 23 Oktober 2016, sekitar pukul 04.00 WIB. Empat tahanan yang merupakan sindikat pencurian kabel listrik kabur usai menjebol sel dengan gergaji.

Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dolifar Manurung menyebut kejadian itu diduga karena kelalaian penjaga sel Mapolsek tersebut.

"Mereka kabur setelah mengergaji jerusi besi. Dugaan ada kelalaian petugas, mungkin ada yang tidur sewatu berjaga," kata Dolifar, Minggu petang.

Dia menyebutkan, saat ini petugas masih menyisir sejumlah lokasi yang diduga menjadi tempat pelarian tahanan tersebut. Foto mereka juga disebar, dan bagi warga yang melihat diminta Dolifar segera menghubungi polisi.

Adapun tahanan yang kabur itu adalah Supriyanti (26), warga asal Jambi, kemudian Purwanto (30), warga Semarang, berikutnya Hendri Munawir (30) dari Jambi, lalu M Riyanto dari jambi dan Saputra dari Jawa Tengah.

Kapolres menyebutkan, para tahanan ini diketahui kabur sekitar pukul 16.00 WIB. Petugas yang sebelumnya diduga tertidur kaget bukan kepalang ketika melihat sel tahanan jebol.

Ketika diperiksa, para tahanan yang terlibat perampokan dan pencurian kabel listrik itu sudah tidak ada. Kejadian ini langsung ditindaklanjuti dengan membentuk tim pemburu.

"Penjaga tahanan juga akan diperiksa oleh Propam, bagaimana ceritanya mereka kabur saat petugas ada yang menjaga," kata Dolifar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini