Sukses

Unik, Pempek Pelangi Isi Buah dan Sayur

Liputan6.com, Palembang - Kudapan pempek menjadi salah satu santapan wajib bagi seluruh warga Sumatera Selatan (Sumsel). Beragam jenis pempek bisa dinikmati sesuai selera para warga. Tapi kini ada satu pempek yang unik dan berbeda dibanding yang lain, yaitu pempek pelangi dengan varian warna-warna menggoda.

Usaha pempek pelangi ini terilhami dari pengalaman pribadi Boy dan Fifie, owner Pempek Sulthan dan Pindang Agan, di Jalan‎ Pangeran ‎Ratu Ruko no.6, Jakabaring, Kecamatan Kertapati Palembang. Sang anak yang sulit mengkonsumsi sayur dan buah membuat Boy dan Fifie memutar otak agar bisa mencukupi kebutuhan nutrisi anaknya.

"‎Anak saya susah makan sayur tapi setiap hari selalu mengkonsumsi pempek. Jadi kami mencoba bagaimana membuat pempek rasa sayur dan buah. Lalu kami mengambil saripati buah naga, sayur wortel dan sayur caisim dan dicampur ke dalam adonan pempek. Ternyata hasilnya memuaskan, selain khasiat buah dan sayur yang bisa terkandung di dalam pempek, warna yang dihasilkan juga membuat anak saya tergiur untuk memakannya," ujar Fifie kepada Liputan6.com.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi sang anak, pengusaha pempek ini juga membuat pempek pelangi untuk dijual di toko pempeknya. Ternyata respon dari pengunjungnya mencengangkan, banyak yang berminat dan tertarik dengan warna-warna pempek tersebut. Bahkan setiap harinya, para pelanggan yang datang ke tokonya harus antri untuk mendapatkan pempek pelangi ini.

Ada tiga warna yang ditawarkan, yaitu warna merah dari buah naga, warna kuning dari sayur wortel dan warga hijau dari sayur caisim.‎ Sayur yang dipilih juga merupakan sayur organik, sehingga pempek ini sangat sehat dikonsumsi.

Agar mempertahankan nutrisi dari pempek pelangi, mereka tidak mencampurkan adonan pempek dengan bahan pengawet dan penyedap rasa.

"Kita selalu menekankan bahwa pempek ini sehat dikonsumsi,bukan dari campuran zat pewarna kimia atau penyedap rasa. Jadi, daya tahan pempek ini jika dipaket keluar kota,hanya bertahan 3 hari dengan sistem vakum," katanya.

Laris 10 Ribu Pempek

Meski baru dua bulan menghadirkan pempek pelangi, namun permintaannya sudah membludak. Setiap hari, mereka mampu menjual sekitar 5ribu hingga 10 Ribu pempek, baik yang dibeli di toko maupun dikirim menggunakan jasa pengiriman.
‎
Selain pempek pelangi, mereka juga menawarkan makanan lainnya yang tak kalah menggoda. Seperti model ikan pelangi, tekwan ikan pelangi, pindang dan brengkes telur ikan gabus dan lainnya.

Boy dan Fifie harus menyediakan hingga 100 kilogram ikan Tenggiri setiap harinya. Pempek pelangi ini sudah tersebar seluruh Indonesia, bahkan hingga ke Papua. Bahkan, ada pelanggannya yang membawa pempek pelangi ke beberapa negara, seperti Malaysia, Singapore, Thailand dan Belanda.

Untuk harga yang ditawarkan sendiri sangat terjangkau. Pempek pelangi kecil dihargai sebesar Rp 3 ribu per satuan, pempek pelangi besar dihargai Rp 17 ribu per porsi, Tekwan dan Model ikan laut pelangi seharga Rp 10 ribu dan Pindang Telur Ikan Gabus seharga Rp 20 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini