Sukses

Gempa 6,5 SR di Subang Tak Sebabkan Kerusakan

Meski gempa berkuatan cukup besar tetapi terjadi di kedalaman laut, namun terasa hanya beberapa detik oleh daerah terdekat.

Liputan6.com, Garut - Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) dengan kedalaman 654 kilometer terjadi di 120 kilometer timur laut Kota Subang, Jawa Barat pada Rabu pagi tadi sekitar pukul 07.25 WIB, tidak menyebabkan kerusakan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterbitkan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), getaran gempa bumi itu dirasakan pula di Jakarta, Pacitan, Trenggalek, dan Bantul.

Namun, gempa berkekuatan cukup besar di bawah laut itu hanya terasa beberapa detik di daerah terdekat. Pusat gempa bumi adalah Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Itu kan kalau gempa dalam meskipun skala Richter-nya besar pas ke permukaannya munculnya jadi kecil dan itu tidak selalu dirasakan oleh orang-orang di sekitarnya. Bisa jadi dirasakan oleh orang yang jauh dan sangat berhubungan dengan kondisi bebatuannya," ucap Kepala Pusat PVMBG Kasbani saat dihubungi melalui telepon selulernya di Bandung, Rabu (19/10/2016).

"Artinya memang itu memang skalanya besar, tapi ini dalam. Jadi sebagian energi sudah kecil saat muncul ke permukaannya," Kasbani menambahkan.

Ia mengatakan, berdasarkan posisi kedalaman dan pusat gempa bumi yang sejajar dengan Zona Benioff, maka diperkirakan kejadian gempa bumi tersebut bersumber dari aktivitas zona subduksi.

Sementara itu salah seorang warga Subang, Triseu Nurul Yulia mengaku tidak merasakan apa pun saat gempa terjadi tadi pagi.

"Enggak ngerasa apa-apa. Tadi pas kejadian lagi nunggu anak di TK ini," kata dia melalui sambungan telepon.

Triseu menjelaskan, kejadian gempa tersebut tidak menyebabkan kepanikan di lokasi tempat anak bungsunya bersekolah.

Sedangkan penjelasan dampak dari gempa yang berada pada koordinat 5,29 derajat Lintang Selatan dan 108 derajat Bujur Timur dari Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budiman, sampai kini belum diketahui adanya dampak kerusakan.

"Sampai detik ini belum ada dampak gempa Subang yang dilaporkan," kata dia dalam pesan singkatnya.

Meski tidak berdampak terhadap kerusakan, PVMBG tetap melayangkan rekomendasi agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Serta tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini