Sukses

Bocah Gunung Slamet: Untuk Bapak Presiden yang Terhormat...

Beragam cerita dan harapan lucu dan mengharukan tertuang dalam surat anak-anak kaki Gunung Slamet untuk Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Purbalingga - Sekitar seribu anak di kawasan kaki Gunung Slamet, tepatnya di rest area Desa Serang Brobahan, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, diajak menuliskan harapan, cita-cita, cerita tentang alam dan desa mereka yang dituangkan dalam surat untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kegiatan menulis surat untuk Presiden Jokowi diikuti sekitar 1000 anak dari 8 sekolah kawasan kaki Gunung Slamet yang diantaranya; SDN 1 Serang, SDN 2 Serang SDN 3 Serang, SDN 4 Serang, SDN 5 Serang, MI Serang, SDN 1 Kutabawa, SDN 3 Kutabawa.

Relawan gerakan menulis dengan tangan, Nury Sybl, mengatakan gerakan menulis jadi penting seiring tergerusnya hobi menulis dengan tangan karena perkembangan gadget sampai ke pelosok-pelosok desa. Padahal menulis dengan tangan itu bisa mengasah motorik anak lebih kreatif, bisa lebih mengingat apa yang dipelajari.

"Gerakan ini kita bangun di Indonesia dimulai dari kepulauan untuk mengajak anak-anak kembali menulis. Ini bukan PR-nya guru saja, bukan PR orangtua saja namun PR kita bersama untuk mengajak kembali anak-anak menulis dengan tangan," kata Nury, Selasa, (18/10/2016)

Menulis surat ditujukan ke presiden, lanjut Nury, karena semua anak-anak Indonesia ingin bertemu presiden. Sehingga presiden menjadi motor penggerak anak-anak, sekaligus menjadi penyemangat untuk mempunyai harapan yang lebih baik lagi.

“Meskipun mereka tinggal di kaki Gunung Slamet, tapi boleh lho mereka menjadi anak-anak yang hebat. Gerakan menulis dengan tangan ini harus kita sebarkan untuk seluruh anak-anak Indonesia, karena anak-anak adalah masa depan kita,” ujar dia.

Pendiri Kuda Pustaka Gunung Slamet, Ridwan Sururi, mengatakan gerakan menulis dengan tangan semata-mata untuk membantu anak-anak sekolah agar gemar menulis lagi. Ridwan mengaku prihatin dengan perkembangan pendidikan anak-anak yang terancam dengan gadget.

"Budaya menulis anak-anak sekarang sangat jauh dibandingkan waktu saya kecil. Sekarang bisa dilihat di sekolah-sekolah apa ada anak yang tulisannya bagus seperti orang-orang terdahulu," ucap dia.

Dengan adanya kegiatan menulis surat ini, kata Ridwan Sururi, diharapkan anak-anak mampu dan memahami bagaimana bertutur melalui tulisan. "Gerakan menulis dengan tangan ini sebuah terobosan yang luar biasa agar anak-anak tertarik menulis. Ya supaya generasi yang akan datang jauh lebih beradab," kata dia.

Fikri, Siswa kelas 6 SDN 4 Serang dalam suratnya menceritakan kepada presiden agar bisa datang ke Serang, dan minta tolong hutan-hutan yang gundul untuk bisa ditanami dan para penebang liar dihukum. Kemudian jalan-jalan yang rusak bisa diperbaiki, agar ekonomi warga Serang bisa lebih maju lagi.

“Saya berharap tulisan saya bisa dikabulkan oleh Bapak Jokowi,” kata Fikri.

Nurul Khasanah, siswi kelas VI SDN 1 Serang dalam suratnya bercerita tentang keindahan kaki Gunung Slamet yang banyak perkebunan seperti stroberi, teh, dan sayur-sayuran.

“Belum lama ini juga diadakan festival gunung Slamet pada tgl 13-15 Oktober 2016. Orang-orang kemarin membawa hasil pertaniannya ke festival.”

Ribuan anak-anak di Purbalingga menulis surat untuk Presiden Jokowi (Liputan6.com / Aris Andrianto)

Senada dengan Wawan Prs, kelas V MI Guppi Serang, Purbalingga yang bercerita tentang pertanian Gunung Slamet.

“Bapak Presiden yang terhormat, di Desa Serang banyak sekali perkebunan sayur dan pohon pinus dan damar atau agathys. Semoga Bapak Presiden suka dengan dusun kami. Tapi jalan di desa kami rusak pak, semoga bapak mau membantunya. Dan satu lagi, di sekolah kami kekurangan buku bacaan."

Lain lagi dengan Nurohmat, siswa kelas V SDN2 Serang. Dia menanyakan apakah jadi Presiden itu sulit? "Saya jadi ketua kelas saja kesulitan mengatur teman, bagaimana dengan bapak? Indonesia kan luas sekali. Oh ya pak, Saya hanya anak petani."

Zainun Alif Setiawan, kelas VI SDN1 Serang meminta Bapak Presiden Joko Widodo untuk datang ke Desa Serang yang banyak perkebunan.

“Apakah Bapak pernah datang ke Gunung Slamet? Desa kami banyak sekali sayuran dan stroberi. Desa kami terkenal dengan lembah asri. Saya ingin bapak datang lihat desa kami. Saya ingin menyampaikan permintaan agar Indonesia tidak ada korupsi,” ujar dia dalam surat yang ditulisnya.

Berbeda dengan Ikhtina Haru Ridho kelas V SD 1 Kutabawa yang bercerita jarak rumahnya menuju sekolah sangat jauh, sehingga ingin diberi sepeda oleh Presiden Jokowi.

“Saya mohon agar bapak memberi saya sepeda untuk berangkat ke sekolah. Rumah saya sangat jauh,” tulis dia.

Gerakan Menulis dengan Tangan diprakarsai oleh PT Standardpen Industries, Kuda Pustaka, dan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangreja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.