Sukses

Senjata Api Bupati Intan Jaya Menyalak di Bandara Sentani

Bupati Intan Jaya memang memperoleh izin memegang senjata pistol Makarov CZ-83.

Liputan6.com, Jayapura – Senjata api milik Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni meletus di ruang cek in Lion Air Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, sekitar pukul 07.20 WIT. Letusan senjata tersebut terjadi
saat pengosongan peluru dari pistol yang dilakukan ajudannya, Bripka Yuni Y Tabuni.

Kepala Bandara Sentani Klas I Khusus, Agus Priyanto menyebutkan kejadian tersebut merupakan kelalaian dari orang yang mengeluarkan peluru. Seharusnya, ajudan tersebut mengosongkan peluru di ruang khusus yang telah disediakan, bukan di ruang check-in.

Bupati Intan Jaya memperoleh izin untuk memegang senjata jenis pistol Makarov CZ-83 dengan peluru kaliber 32 dari Mabes Polri dengan masa berlaku hingga 15 April 2017.

"Pistol tersebut terdeteksi oleh x-ray. Seharusnya Pak Bupati ini paham, sebelum masuk ke ruang check in, peluru dalam senjata itu sudah harus dikosongkan. Untung saja tak ada korban jiwa. Jika ada pasti masalahnya tambah besar," ujar Agus, Jumat (14/10/2016).

Sepanjang 2015-2016, aparat keamanan di Papua beberapa kali menyalahi prosedur dalam pengosongan peluru senjata yang dipegangnya. Ada sekitar tiga kali kejadian serupa, di antaranya
mengosongkan peluru dengan cara ditembakkan ke atas dan ke dinding di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini