Sukses

Truk Terguling, Warga 'Pesta Pora' Lele

Warga di sekitar lokasi kejadian berebut memungut ikan lele itu dengan membawa kantong plastik.

Liputan6.com, Trenggalek - Sebuah truk bermuatan penuh ikan lele terguling di Jalan Raya Ponorogo-Trenggalek, Jawa Timur, Rabu sore, 12 Oktober 2016. Ikan lele sebanyak lebih dari 1 ton dalam truk pun tumpah dan memenuhi jalanan tersebut, beruntung tak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu.

Ironisnya, warga di sekitar lokasi kejadian berebut memungut ikan lele itu dengan membawa kantong plastik. Ada juga yang memilih selfie atau swafoto dengan latar belakang ikan lele yang berserakan di jalan. Hal itu tergambar dalam sejumlah foto yang beredar di media sosial Facebook.


Akun roda2blog mengunggah enam foto yang menggambarkan aksi pungut dan swafoto tersebut. Akun itu menuliskan, "Wajah ceria di atas derita orang lain. Truk pengangkut lele terguling di Jalan Raya-Ponorogo 12/10/2016. Lele yang kabur jadi jarahan warga. Sampai rumah tega memakannya, gak ya?"

Postingan itu pun menuai beragam komentar. Banyak yang mencibir aksi menyerbu ikan lele yang tumpah di jalanan itu.

"Kasihan si sopir. Kena marah bosnya juga ganti rugi. Itu pun kalau pemiliknya minta ganti rugi, kalau tidak ya alhamdulillah. Tapi yang ambil juga tak punya hati nurani," tulis akun Rian Es Exsotixx.

Warga menyerbu ikan lele muatan truk yang terguling di Jalan Raya Ponorogo-Trenggalek, Jawa Timur. (Facebook/roda2blog/Zainul Arifin)

"Mungkin karena barang bawaannya ikan, gak mungkin nylametin dagangannya. Daripada membusuk, diamalkan saja untuk warga sekitar. Bikin jalan situ cepat bersih juga," akun Wicaksono Hendro berkomentar.


Warga menyerbu ikan lele muatan truk yang terguling di Jalan Raya Ponorogo-Trenggalek, Jawa Timur. (Facebook/roda2blog/Zainul Arifin)

Sebuah akun bernama Ajenge Sang Surya yang mengaku dari pihak pemilik truk beserta muatannya menulis,

"Alhamdulillah..sopir dan kenetnya selamat..Kami dr pihak yg punya kendaraan dan muatan..udah ikhlas.biar diambil..kami ikhlas lahir batin.dan saya masih bersyukur suami sy selamat."

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ponorogo AKP Imam Mustolih saat dikonfirmasi membenarkan adanya kecelakaan truk bermuatan ikan lele tersebut. Truk bernomor polisi AG 8260 GF memuat 1,1 ton lele itu dikemudikan Surya Wahyudiantoro warga Desa Jati Prahu, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

"Truk dari arah Trenggalek menuju Ponorogo, tepatnya di Dusun Nglumpang, Desa Pangkal, tiba-tiba ban belakang sebelah kiri meletus. Saat truk terguling, dari arah depan ada dua motor melaju dan ikut menabraknya," ujar Imam menjelaskan penyebab truk terguling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.