Sukses

Awas, Tebing Kali Kuning Jogja 50 Meter Longsor

Material longsor menghambat pasokan air bersih.

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras yang mengguyur wilayah Sleman membuat tebing setinggi 50 meter di Kali Kuning, Cangkringan, Sleman longsor, Selasa malam 11 Oktober 2016.

Material longsoran mengenai jalur irigasi, Jembatan Pluyon, dan menutup aliran air ke wilayah Desa Umbulharjo. Tidak hanya itu, akses irigasi sisi utara dan Pluyon juga terputus.

"Ada lebih dari satu titik longsor, tetapi tidak mengenai rumah warga," ujar Kepala Desa Umbulharjo, Suyatmi, Rabu (12/10/2016).

Meskipun demikian, kata dia, warga sudah menyambung akses irigasi yang terputus dan membersihkan longsor pada hari ini. Menurutnya, sejauh ini kondisi di wilayahnya sudah kondusif.

Longsor sempat menghambat aktivitas warga Umbulharjo. Pasalnya, pipa PDAM Sleman Tirta Gondang Kaliurang mengaliri 200 KK, Umbulharjo 1.500 KK, dan pipa hidran yang mengaliri Panguk dan Ngrangkah hunian tetap Karangkendal diakses 350 KK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.