Sukses

Sering Bencana, Dana Darurat Malang Nyaris Habis

Dana banyak terpakai untuk penanggulangan bencana dengan kriteria banjir, tanah longsor, puting beliung sampai dampak erupsi Gunung Bromo.

Liputan6.com, Malang - Anggaran siap pakai untuk darurat bencana di Kabupaten Malang, Jawa Timur, sampai awal Oktober ini telah terpakai 60 persen. Ini disebabkan berbagai bencana alam datang silih berganti di berbagai wilayah di daerah tersebut.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan, alokasi dana siap pakai untuk darurat bencana di lembaganya sebesar Rp 1 miliar telah terserap Rp 600 juta.
 
"Dana siap pakai itu sudah banyak terpakai untuk penanggulangan bencana dengan kriteria banjir, tanah longsor, puting beliung sampai dampak erupsi Gunung Bromo," kata Hafi di Malang, Selasa (11/10/2016).
 
Dana dipakai mulai dari pendirian posko erupsi Gunung Bromo di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, posko siaga banjir di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudho, yang langganan banjir, serta perbaikan rumah warga dan sarana umum terdampak bencana lainnya di berbagai wilayah.
 
Meski 2016 masih terus berjalan, Hafi mengaku penanganan bencana di Kabupaten Malang sepanjang tahun ini tak akan terkendala anggaran.

Soalnya, usulan tambahan dana siap pakai sebesar Rp 200 juta melalui Perubahan Alokasi Anggaran (PAK) APBD 2016 telah disetujui.
 
"Penanganan bencana juga tidak hanya di BPBD. Bisa melibatkan juga dari instansi lain yang mengalihkan anggaran mereka untuk penanggulangan bencana," ucap Hafi.
 
Ia menjelaskan, ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang untuk perbaikan infrastruktur terdampak bencana.

Misalnya, Dinas Pengairan dapat membantu pembangunan bronjong di tanggul sungai yang jebol. Atau, bantuan dari instansi lain memasok kebutuhan air bersih.
 
"Kami juga ajak berbagai kelompok peduli bencana untuk bersama–sama kerja bakti massal di kawasan terdampak bencana," kata Hafi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini