Sukses

Benarkah Situs Purbakala Tertua di Jawa Berada di Brebes?

Ada fosil gajah purba ditemukan di Brebes Selatan, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Brebes - Ribuan benda purbakala berupa fosil dan tulang belulang berusia lebih dari 1,5 juta tahun ditemukan di Kecamatan Tonjong dan Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Ahli fosil Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta menyebut temuan itu menunjukkan temuan tersebut merupakan situs purbakala tertua di Jawa Tengah.

"Keberadaan ribuan fosil dan tulang belulang purbakala di sana (Tonjong dan Bumiayu) ini merupakan penemuan yang besar. Kalau dilihat dari usianya, memang ini lebih tua dari pada situs purbakala Sangiran (Sragen), Semedo (Tegal), dan Patiayam (Kudus)," ucap ahli fosil dari Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta, Sofwan Nurwidi, pekan lalu.  
Dia menilai logis jika situs purbakala yang ditemukan di Kabupaten Brebes menjadi yang tertua di Jawa Tengah. Berdasarkan sejarah, pengangkatan Pulau Jawa dari lautan memang bermula dari wilayah barat.

"Logisnya, kalau pulau samakin ke timur itu semakin mirng turun ke bawah. Jadi, saya kira kalau Jawa Tengah bagian barat, seperti di Brebes wilayah Tonjong dan Bumiayu ini, menjadi yang paling tua," tutur dia.  

Ia mengungkapkan fosil tertua yang ditemukan di kawasan itu berupa fosil Sinomastodon atau gajah purba. Fosil tersebut ditemukan di Sungai Glagah, Kecamatan Tonjong. Menurut Sofwan, Sinomastodon merupakan fauna yang hidup dengan cara berkoloni dan menguasai Pulau Jawa pada masa itu.  

"Hewan purba ini sudah berusia lebih dari 1,5 juta tahun lalu, sehingga mereka inilah yang mulai mengkoloni hewan purba di Pulau Jawa," kata dia.  

Penemuan Fosil Hewan Laut

Wilayah Brebes bagian selatan, seperti di Tonjong dan Bumiayu, merupakan daerah pegunungan dan perbukitan sehingga dimungkinkan pada 1,5 juta tahun lalu, banyak flora dan fauna yang berada di
sana.  

Namun, menurut sejarah, wilayah Brebes selatan juga pernah menjadi lautan lantaran juga ditemukan sejumlah fosil fauna laut.  

"Memang ada banyak penemuan fosil fauna laut, seperti kerang dan terumbu karang. Ini yang menjadi bukti kalau sekitar 2 juta tahun yang lalu, wilayah pegunungan ini pernah menjadi lautan," ucap Sofwan.

Menurut dia, ditemukanya fosil tumbuhan dan hewan laut di wilayah Brebes selatan itu memperkuat dugaan jika sebelum menjadi daratan seperti sekarang ini, Brebes selatan merupakan lautan di wilayah barat pulau Jawa.  

"Karena tumbuhan atau hewan laut itu kan habitatnya di perairan datar. Jadi, ya sangat wajar kalau memang asal muasalnya dari laut," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini