Sukses

Sempat Ambles, Jalur Cirebon - Bandung via Sumedang Bisa Dilewati

Namun, jalan Cadas Pangeran, Sumedang, ditengarai mengalami kerusakan.

Liputan6.com, Cirebon - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalur Cirebon - Bandung yang ambles pada Kamis, 6 Oktober 2016, kini sudah bisa dilewati kendaraan sejak kemarin, Jumat, 7 Oktober 2016.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, langsung memperbaiki jalan utama Bandung-Cirebon yang ambles di Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.
 
"Itu sudah diperbaiki sekarang sudah bisa dilalui lagi, saya dapat laporan dari Pak Bambang Hartadi (Kepala BBPJN VI), saat tahu kejadian itu langsung ditangani," tutur Arie, Sabtu (8/10/2016).

Arie mengatakan, amblesnya jalan tersebut karena kondisi tanah yang labil. Penyebab ketidakstabilan itu lantaran ada beberapa jalan di sana yang menyusuri sungai dan tergerus aliran sungai.

Arie mengungkapkan, selain di Desa Bugel, ada kerusakan jalan lain, yakni di ruas Cibadak - Cikembang Km 119 dan Cadas Pangeran. Saat ini, pihaknya tengah mengupayakan perbaikan dan mengidentifikasi jalan-jalan yang kritis agar tidak membahayakan pengguna jalan.

"Kita antisipasi semua, kita minta evaluasi detail supaya persiapan dan penyelesaian cepat selesai (jika terjadi lagi jalan ambles). Kita tidak ingin seperti pemadam kebakaran," kata Arie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.