Sukses

Jalur Cirebon-Bandung Ambles Parah, Badan dan Bahu Jalan Tertutup

Kedalaman jalan ambles itu mencapai 60 cm.

Liputan6.com, Cirebon - Akses jalan Cirebon-Bandung di Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengalami retakan sejak pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Dua jam kemudian, jalan tersebut benar-benar ambles. Akibat kondisi tersebut, antrean kendaraan mengular hingga lebih dari tiga kilometer.

"Sejak jalanan ambles, antrean menumpuk. Kami sudah koordinasi ke jajaran Polres Sumedang, Majalengka maupun Cirebon untuk memberi imbauan agar kendaraan roda empat melewati Cipali," kata Kapolsek Tomo, Kabupaten Sumedang, Doto, Kamis (6/10/2016).

Dia menyebutkan, jalan yang ambles di Desa Bugel mencapai kedalaman 60 cm dan panjang 50 cm. Dia mengatakan, kerusakan jalan tersebut menyebabkan antrean kendaraan baik dari arah Cirebon maupun arah Bandung macet.

"Ambles nya hampir menutup semua jalan bahkan bahu jalan juga tertutup," ujar Doto.

Akibat amblesnya jalan, kendaraan roda empat tidak dapat melintas. Terlebih, kendaraan berkapasitas besar.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan, jalan ambles tersebut akibat intensitas curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan konstruksi tanah labil dan tidak bisa menahan beban kendaraan.

"Untuk antisipasi sementara, dilakukan pengurukan dari pihak pengusaha pasir dan warga masyarakat supaya bisa dilalui oleh kendaraan minimal roda dua," ujar Yusri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.