Sukses

Seniman Belanda Pamerkan Kreasi Batik Bahan Organik di Pekalongan

Batik Pekalongan akan dikenalkan ke Filipina

Liputan6.com, Pekalongan - Seniman asal Belanda, Sabine Bolk, memamerkan hasil kreasi motif batik dengan bahan organik  di Museum Batik Pekalongan, Jawa Tengah.

"Tujuan kehadiran kami ke sini adalah membuat seni kontemporer dengan aplikasi yang berbeda," ucap dia di Pekalongan, Kamis, 6 Oktober 2016, seperti dilansir Antara.

Ia mengaku dirinya telah belajar filosofi batik selama tujuh tahun di Yogyakarta dan mengaplikasikannya secara berbeda dengan yang lainnya.

"Jika orang lain dalam bentuk kain yang dipakai. Akan tetapi, saya membuat seni instalasi batik dengan bahan mentah baik," kata Bolk.

Dengan hasil karyanya ini, Bolk menambahkan, ia ingin mengolah batik dalam bentuk yang lain. Sebab, ia kagum dengan filosofi yang ada pada kerajinan batik.

Sementara, istri Duta Besar Filipina untuk Indonesia, Gorris Novico, usai kegiatan pembukaan Pekan Batik Nusantara 2016 mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Pekalongan dalam mengenalkan kerajinan batik pada pasar mancanegara.

Gorris menyatakan kekaguman terhadap karya kerajinan batik yang dibuat warga Indonesia, terutama Kota Pekalongan.

"Oleh karena, kami akan mengenalkan batik Kota Pekalongan pada masyarakat di Filipina," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.