Sukses

Jalur Cirebon-Bandung Ambles, Bus dan Elf Dilarang Melintas

Jalan yang ambles terjadi di Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, yang mengakibatkan kemacetan sejak pukul 07.00 WIB.

Liputan6.com, Cirebon - Kemacetan dan antrean panjang terjadi di Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, yang menjadi jalur utama Cirebon- Bandung dan sebaliknya. Kemacetan tersebut merupakan imbas dari jalan yang ambles.

Kasatlantas Polres Kabupaten Cirebon, AKBP Galih Raditya mengatakan, pihaknya sudah dihubungi jajaran Polres Sumedang terkait kondisi jalan yang rusak. Ia juga mengerahkan anggotanya untuk mengalihkan kendaraan roda empat dari Cirebon ke Bandung melewati Tol Cipali.

"Di sana juga sudah terjadi kemacetan panjang dan polisi akhirnya menggunakan sistem buka tutup. Kira-kira pukul 07.00 WIB pagi. Saya tadi dihubungi oleh Kasatlantas Sumedang untuk mengalihkan kendaraan roda empat dan selebihnya untuk melewati Tol Cipali," ujar Galih, Kamis (6/10/2016).

Dia kini berkoordinasi dengan perusahaan jasa transportasi, seperti angkutan bus dan elf tujuan Cirebon-Bandung, agar tidak melewati jalur Sumedang. Pasalnya, jalur tersebut banyak dilalui kendaraan besar seperti bus dan truk.

Dia menjelaskan, upaya tersebut untuk mengantisipasi kondisi jalan bertambah parah. "Saya sarankan untuk pengendara roda empat agar melalui Cipali, agar terhindar kemacetan dan mengantisipasi ambles yang bertambah parah," kata Galih.

Amblesnya jalur utama Cirebon-Bandung di Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, tersebut telah ramai dan beredar di media sosial. Selain cukup panjang, jalan yang ambles juga terlihat cukup tinggi sehingga sulit dilalui oleh pengendara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.