Sukses

Parade TNI Manunggal Rakyat di Purwakarta

Gelar pasukan dan defile kendaraan alutsista memeriahkan HUT ke-71 TNI di Purwakarta, Jawa Barat.

Liputan6.com, Purwakarta - Tentara Nasional Indonesia atau TNI merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 pada hari ini. Di Purwakarta, Jawa Barat, alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik kesatuan di bawah kendali Kodam III Siliwangi menggelar defile di sepanjang Jalan RE Martadinata.

Parade pasukan dan kendaraan tempur tingkat Kodam III Siliwangi Jawa Barat dan Banten dalam rangkaian perayaan HUT ke-71 TNI memang dipusatkan di Purwakarta pada Rabu (5/10/2016).

Defile yang dilaksanakan setelah upacara di Taman Pesanggrahan Padjadjaran ini diikuti POM TNI, Kopassus, Yon Armed Kostrad, Marinir, Paskhas, Yonif 300, Yonif 315, Brigif 15 KJ II, Yonif 310, Yonif 312, Yonkav 4 / Tank, Yon Armed 5, dan Yonarhanudse 14.

Turut pula berpartisipasi satuan Brimob Polri, Damkar, dan Satpol PP Purwakarta, dan Dalmas. Termasuk, Satuan Bela Negara Kabupaten Purwakarta.

Partisipasi sejumlah satuan TNI di Purwakarta ini bukan kali ini saja. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengaku rutin mengundang seluruh satuan TNI ini pada setiap peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu. Langkah tersebut dilakukan untuk menumbuhkan jiwa keprajuritan dan nasionalisme kepada generasi muda.

"Kita kan rutin, bukan soal memeriahkan saja, tetapi kami mencoba menumbuhkan semangat nasionalisme dan jiwa keprajuritan dalam benak generasi muda," ucap Dedi.

Gelar pasukan dan defile kendaraan alutsista memeriahkan HUT ke-71 TNI di Purwakarta, Jabar. (Liputan6.com/Abramena)

Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto selaku inspektur upacara peringatan HUT ke-71 TNI tingkat Kodam III Siliwangi antusias menyaksikan masyarakat Jawa Barat, khususnya Purwakarta dapat berbaur bersama TNI.

Menurut dia, Bupati Purwakarta berhasil membangun kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

"Pertama saya apresiasi Pak Bupati Purwakarta yang telah berhasil menjadi komandan rakyat pada peringatan HUT TNI kali ini. Kedua, saya kira beliau juga berhasil membangun kemanunggalan TNI dan rakyat. Pembangunan di Purwakarta juga sukses karena itu," ujar jenderal bintang satu TNI AD ini.

Selain antusiasme masyarakat, acara juga dapat perhatian khusus dari pelajar Purwakarta dan sekitarnya. Mereka bahkan menaiki sejumlah panser dalam defile perayaan HUT ke-71 TNI yang berakhir Rabu pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.