Sukses

Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap Padam Setelah 1 Jam

Saat meledak, warga mendengar suara keras yang disusul terlihatnya asap hitam ke udara.

Liputan6.com, Cilacap - Salah satu tangki kecil bernomor 41 di kilang Pertamina Cilacap meledak dan terbakar. Kebakaran tersebut kini sudah bisa ditangani oleh pemadam internal Pertamina.

"Pemadaman dilakukan oleh internal Pertamina. Tapi, kami ikut berjaga," kata Kepala BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, Rabu (5/10/2016).

Ia mengatakan, kebakaran bisa dilihat dari asap hitam pekat yang membumbung ke angkasa. Kebakaran bisa dipadamkan sekitar satu jam.

Kebakaran itu sempat membuat kaget sejumlah warga Cilacap yang dekat dengan kilang. Mereka mendengar ledakan yang disusul terlihatnya asap hitam. Kejadian itu bahkan sempat direkam dan diunggah di media sosial.

Slamet Riyadi, salah seorang warga, mengatakan ledakannya terdengar cukup keras sekitar pukul 12.25 WIB.

"Sejumlah warga di sekitar Pertamina pun panik karena beberapa saat setelah ledakan itu terlihat adanya asap hitam pekat yang membubung tinggi," kata dia.

Head of Communication and Relations Pertamina RU IV Cilacap Ristanto Heru Widodo mengakui adanya kebakaran pada sebuah tangki berukuran kecil di area kilang.

"Tangki kecil nomor 41 di tengah kilang. Kejadian sekitar pukul 12.25 WIB dan saat ini sudah dapat ditangani," kata dia.

Menurut dia, pihaknya saat ini masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Ia mengatakan kejadian tersebut tidak mengganggu produksi minyak Pertamina RU IV Cilacap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini