Sukses

Zulkarnain Resmi Pegang Tongkat Komando Kapolda Riau

Liputan6.com, Jakarta - Baru enam bulan menjabat, posisi Brigjen Supriyanto sebagai Kapolda Riau resmi digantikan Brigjen Zulkarnain. Acara serah terima jabatan Kapolda Riau baru itu dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Rupatama Polri, Jumat (30/9/2016) pagi.

Tak hanya Zulkarnain, Kapolri juga melantik Kadiv Propam Idham Aziz, Kapolda Maluku Utara Brigjen Tugas Dwi Apriyanto, dan Kepala Pelayanan Markas Besar Polri Kombes Budi Widjanarko.

"Bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa saya akan menaati segala peraturan undang-undang dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab," ucap Kapolri yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Usai membacakan sumpah jabatan, Kadiv Propam, Kapolda Riau, Kapolda Maluku Utara, dan Kayanma Polri langsung menandatangani nota serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru. Kemudian, mereka juga menyerahkan tongkat komando kepada masing-masing pejabat baru.

Zulkarnain sebelumnya menjabat Kapolda Maluku Utara (Malut). Tongkat komando yang dipegang Brigjen Zulkarnain akan diestafetkan ke Brigjen Tugas Dwi Apriyanto yang sebelumnya menjabat Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdikpol Polri.

Sebelumnya, baik Kapolda maupun Wakapolda Riau dicopot dari jabatannya. Posisi yang ditempati Kombes Suharsono digantikan oleh Kombes Ermi Widyatno. Sementara, Suharsono akan ditempatkan di Irbidjemen SDM Polri.