Sukses

Kereta Api Bandung-Cirebon Bablas Sampai Semarang

Kereta Api Ciremai jurusan Bandung-Cirebon-Semarang mulai beroperasi 3 Oktober 2016.

Liputan6.com, Cirebon - Kereta Api Ciremai jurusan Cirebon - Bandung membuka rute baru jurusan ke Bandung - Cirebon - Semarang. Pembukaan rute baru tersebut seiring besarnya antusias masyarakat yang berkunjung ke Bandung maupun ke Semarang.

"Untuk operasi sendiri KA Ciremai mulai tanggal 3 Oktober 2016 mendatang melayani rute Bandung-Semarang," kata Manajer Humas Daop III Cirebon Krisbiyantoro di Cirebon, Selasa 27 September 2016.

Ia menuturkan sebelumnya KA Ciremai melayani rute Cirebon-Bandung, namun antusias pengguna jasa terutama pada rute Bandung-Semarang semakin meningkat, maka rute diperpanjang.

Sejauh ini penumpang yang ingin ke Bandung dengan menggunakan kereta api baru bisa terakses melalui kereta api Harina. Sementara okupansi penumpang jurusan Bandung dan sebaliknya bisa mencapai 80 persen. Selain itu, rute baru tersebut juga merupakan bagian dari upaya mengoptimalkan sarana yang ada.

Jadwal keberangkatan KA Ciremai dari Bandung ke Semarang yaitu jam 06.15 WIB keberangkatan dari Bandung, pada jam 10.38 WIB dari Cirebon dan sampai di Semarang jam 14.04 WIB.

Untuk sebaliknya dari Semarang ke Bandung kereta berangkat pada jam 17.35 WIB sampai di Cirebon jam 21.20 WIB dan berhenti di Stasiun terakhir Bandung jam 02.06 WIB. Ia menambahkan untuk harga tiket sendiri masih menggunakan tarip batas atas-bawah yaitu berkisar Rp95 ribu sampai Rp210 ribu.

"Kita masih pakai sistem tarif batas atas-bawah, namun seperti biasanya, weekend atau hari libur sedikit mahal," katanya.

Dari rute baru tersebut target okupansi tiga bulan pertama 60 persen atau 200 penumpang. "Kalau harga Rp 80 ribu sampai Rp 175 ribu kelas bisnis dan Rp 105 ribu sampai Rp 230 ribu kelas eksekutif," kata Krisbiyantoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.