Sukses

Polresta Medan Naik Kelas Jadi Polrestabes

Liputan6.com, Medan - Rotasi kembali di tubuh Kepolisian Republik Indonesia atau Polri. Melalui Surat Telegram Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, sejumlah perwira tinggi mengalami rotasi tugas.

Di Kota Medan, Sumatera Utara, salah satu perwira tinggi yang masuk dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2325/IX/2016 adalah Kapolresta Medan Komisaris Besar (Kombes) Mardiaz Kusin Dwihananto dan Wakapolresta Medan AKBP Mahedi Surindra.

Dalam surat tersebut, keduanya naik menjadi kapolrestabes dan wakapolrestabes Medan. Dengan kata lain, grade institusi Kepolisian Kota Medan ini naik kelas dari sebelumnya polresta menjadi polrestabes.

Kapolrestabes Medan Kombes Mardiaz Kusin membenarkan adanya peningkatan grade institusi tersebut. Menurut dia, kenaikan status bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Medan.

"Benar, peningkatan status tentunya akan disertai peningkatan sumber daya yang ada. Begitu juga dengan pelayanan kepada masyarakat," ucap Mardiaz di Medan, Sabtu, 24 September 2016.

Mardiaz juga mengatakan, dengan kenaikan grade institusi ini akan diikuti dengan pangkat pemangku jabatan. Misalnya, kepala satuan (kasat) yang biasa dipegang komisaris polisi (kompol), ke depan akan dipegang ajun komisaris besar polisi (AKBP) junior.

"Ke depan AKBP junior bisa megang jabatan kasat, seperti kasat reskrim, kasat narkoba, kasat intelkam, dan kasat lantas, maupun kasat lainnya," ia menjelaskan.

Sementara, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Medan berharap kenaikan grade korps bhayangkara di Kota Medan tidak hanya sekadar saja. Sebab, harus ditingkatkan dari sisi kinerja dan meningkatkan rasa aman masyarakat.

"Kepolisian di Medan dengan kenaikan grade institusi ini harus mampu dengan cepat menumpas kejahatan yang terjadi," ujar Direktur LBH Medan Surya Adinata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.