Sukses

Apa yang Teringat Jika Mendengar Garut?

Beberapa produk dari Garut sangat populer dan ada di mana-mana.

Liputan6.com, Garut - Garut sedang berduka. Kabupaten di Jawa Barat sisi tenggara ini dilanda bencana. Banjir bandang melanda Garut pada Selasa, 20 September 2016 malam seiring meluapnya Sungai Cimanuk. Banjir juga memakan korban jiwa, selain harta benda yang hanyut.

Perhatian khalayak luas pun tertuju ke Garut. Empati dan bantuan mengalir ke sana. Bencana ini menjadi pelajaran agar pemerintah mengantisipasi kejadian serupa.

Di luar soal bencana, sebelumnya nama Garut sudah akrab di telinga banyak orang. Banyak ikon-ikon Garut yang populer secara luas. Apa saja? Berikut ini catatan Liputan6.com.

Domba Garut

Pada Agustus 2016 lalu Presiden Joko Widodo menggelar kontes domba garut dan kambing di Istana Bogor. Kontes itu menegaskan bahwa domba garut merupakan simbol kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Domba garut memang istimewa. Ciri-cirinya berbadan besar dan tanduk panjang, besar dan kuat. Merunut sejarahnya, Domba garut merupakan hasil persilangan antara domba lokal, domba cape, dan domba moreno yang terjadi pada abad ke-19.

Berawal dari Garut, kini Domba Garut juga berkembang di daerah dekat Garut seperti Bandung,Sumedang, Ciamis, dan Tasikmalaya. Domba Garut bahkan sudah menyebar di seluruh Indonesia terutama di Pulau Jawa.

Jaket Garut

Peternakan domba di Garut membuahkan berbagai usaha turunan. Dari Domba Garut, usaha turunan yang paling cepat diproduksi adalah kuliner dari domba. Karena itu terkenal istilah satai Dombrut atau sate domba asli Garut sebagai salah satu ragamnya.

Selain kuliner, industri turunan dari kulit domba pun berkembang di Garut. Produknya dari topi, jaket, sepatu, sandal, ikat pinggang, dan berbagai aksesori dari kulit lainnya.

Namun dari sisi brand, dari berbagai produk turunan itu yang paling populer adalah jaket Garut. Sering dijumpai toko atau pedagang kaki lima yang memajang promo dengan tulisan menjual jaket asli Garut.

Kulit dari Domba Garut dikenal istimewa karena dari domba-domba yang diperlakukan istimewa. Kulit Domba Garut berkualitas karena dombanya dikandangkan jadi makanannya terjamin dan terbebas dari penyakit kulit.

Untuk memproduksi jaket kulit domba memerlukan proses penyamakan sekitar satu bulan. Proses itu dikerjakan mulai dari penggaraman supaya kulit tidak membusuk sampai kepada tahap finishing atau pengecatan.

Tahapan pewarnaan terdiri dari dua macam, yakni dicat dan dicelup. Proses keduanya akan menghasilkan kualitas warna yang berbeda sehingga akan sangat menentukan harga jual.

Dodol Garut

Apa oleh-oleh dari Garut? Yang paling populer adalah dodol Garut. Camilan yang manis dan lezat ini ini banyak dijumpai di toko oleh-oleh maupun toko kuliner di seantero Garut, bahkan di luar Garut.

Ada beberapa jenis dodol Garut seperti dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya. Jenis yang kekinian ada chocodol. Adapun dodol piknik yang merupakan dodol paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut.

Pangkas Rambut

Garut tak hanya menghasilkan domba dan dodol, namun juga tukang pangkas rambut. Tak dibantah lagi, tukang cukur asal Garut menguasai industri potong rambut. Pangkas rambut Garut bertebaran di berbagai kota, banyak yang melabeli dengan Asgar atau Asli Garut.

Jangan anggap enteng tukang cukur Garut. 'Korban' tukang cukur Garut bukan hanya kepala-kepala biasa, namun juga kepala para pejabat. sejak lama banyak pejabat punya tukang cukur pribadi dari Garut.

Para pejabat sebut saja Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban di era Soeharto, yaitu Sudomo; dan juga mantan Panglima ABRI, Faisal Tanjung. Bahkan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono juga punya tukang pangkas pribadi asal Garut.

Beberapa daerah di Garut memang punya tradisi panjang melahirkan tukang-tukang cukur. Salah satunya Kampung Parung, Desa Bagendit, Garut. Banyak laki-laki daerah ini sudah akrab dengan gunting sejak kecil. Kemampuan mencukur rambut ini menjadi bekal berharga untuk merantau ke kota-kota.

Ada nama lain yang identik dengan Garut?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.