Sukses

Kisah Sekeluarga di Garut Selamat Meski Terseret Banjir 100 Meter

Keluarga di Garut ini berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atap rumah, tetapi genting atap ambruk.

Liputan6.com, Garut - Sekeluarga yang rumahnya terendam banjir bandang berhasil menyelamatkan diri meskipun sempat terseret arus banjir akibat luapan Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (20/9) malam. Padahal mereka sudah terseret sejauh 100 meter

Korban satu keluarga itu terdiri dari suami, istri, dan satu anak berusia 10 tahun warga Asrama Tarumanagara, Kampung Paris, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.

"Suami dan anak saya terseret arus banjir kira-kira 100 meteran, tapi syukur bisa selamat setelah nyangkut di bekas puing-puing rumah," kata Neni Kurniati korban banjir yang selamat saat ditemui di pengungsian Markas Korem 062 Tarumanagara Garut, Rabu (21 September 2016, dilansir Antara.

Neni bersama suaminya Hilman (49) dan anaknya Adila siswa kelas 5 Sekolah Dasar itu merupakan satu keluarga yang sempat terjebak di tengah banjir luapan Sungai Cimanuk. Rumahnya berjarak dekat dengan bibir Sungai Cimanuk. Mereka tidak menyangka akan terjadi banjir, karena selama ini daerahnya tidak pernah dilanda banjir.

"Baru pertama ini banjir, terjadinya cepat, saya lihat keluar ternyata sudah banjir," katanya.

Ia menuturkan bencana banjir tersebut membuat keluarganya tidak dapat keluar rumah hingga akhirnya menggenangi seluruh bangunan rumah permanennya. Neni bersama anak dan suaminya berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atap rumah, tetapi genting atap rumahnya ambruk sehingga semuanya terbawa arus banjir.

"Karena takut dan tidak bisa kemana-mana saya naik ke atap, tapi gentingnya roboh, saya jatuh dan semua hanyut," kata Neni menceritakan kisah sedihnya saat bencana banjir menerjang rumahnya.

Setelah terjatuh, Neni juga anak dan suaminya terpisah terbawa hanyut arus banjir, bahkan tidak mengetahui keberadaan dua anggota keluarganya itu. Neni saat terbawa arus banjir itu berusaha untuk terus menyelamatkan diri hingga akhirnya bisa bertahan setelah menyangkut di puing-puing bangunan rumah.

"Saya lalu ditolong oleh warga dan diam di loteng (rumah lantai dua) sampai akhirnya surut, sementara anak dan suami saya waktu itu tidak tahu ada di mana," katanya.

Setelah banjir surut, Neni selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis, karena tubuhnya mengalami luka-luka pada bagian tangan dan kaki akibat terseret arus banjir.

Ketika berada di Rumah Sakit Guntur Garut, Neni bertemu kembali dengan anak dan suaminya yang sama-sama mendapatkan perawatan di rumah sakit TNI tersebut.

"Saya bersyukur bisa ketemu dengan suami dan anak saya di rumah sakit, katanya selamat karena nyangkut, saat ini kondisi anak saya luka-luka, suami saya juga sekarang masih dirawat di rumah sakit," katanya.

Ia mengucapkan syukur dapat selamat sehingga kembali berkumpul dengan keluarganya meskipun dengan kondisi badan mengalami luka-luka. Neni maupun anaknya masih merasakan trauma terhadap peristiwa yang baru pertama kali dialaminya itu.

Bencana banjir tersebut telah merusak rumah dan seluruh isinya sehingga Neni dan keluarganya bingung mau pulang kemana setelah tanggap darurat selesai. "Saya bingung pulang, harapannya pemerintah dapat membangun kembali rumah saya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini