Sukses

Hasil Tes DNA Bekal Waluyo Hidup Kembali Usai Disebut Meninggal

Waluyo sempat disangka sudah meninggal karena ada kemiripan fisik pada jasad yang dimakamkan di tanah kelahirannya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tes DNA yang dijalani Waluyo, warga Suryoputran Panembahan, Kota Yogyakarta, memastikan lelaki itu tidak pernah bangkit dari kubur. Hasil tes DNA yang diterima Polres Gunungkidul menegaskan DNA Waluyo identik dengan anaknya Anti Kristanti.

Meski begitu, Anti yang mewakili keluarga mengaku belum menerima hasil tes tersebut. Ia akan menunggu hasil tes dikirimkan untuk meyakinkan Waluyo memang benar-benar ayah kandungnya. Hasil itu juga bisa meyakinkan jasad yang diduga Waluyo yang sudah dikuburkan di tanah kelahiran ayahnya adalah orang lain.

"Katanya pak polisi yang di Wonosari kalau hasilnya sudah diterima mau kabari lagi. Itu kok enggak ada info hasilnya ya, bener Pak Waluyo atau tidaknya," ujar Anti, Selasa, 20 September 2016.

Ia mengatakan pihak keluarga hanya diberitahu jika hasil tes DNA akan diketahui usai dua minggu setelah tes. Ia mengaku senang jika memang hasil tes menyebutkan ada kecocokan DNA dengan ayahnya.

"Saya ingat nya saat melakukan tes DNA itu 24 Agustus. Pas anak saya imunisasi. Senang sekali saya kalau sudah keluar," ujar dia.

Anti mengatakan hasil tes DNA ini akan digunakan keluarga untuk mendaftar di pengadilan sebagai salah satu syarat untuk mengembalikan hak administratif sang ayah. Gara-gara kesalahan pengidentifikasian, Waluyo sudah dinyatakan meninggal berdasarkan hukum yang ada.

"Langkah selanjutnya mau daftar ke pengadilan saya. Semoga proses sidang dimudahkan," ujar Anti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.