Sukses

Banjir Bandang Jebol Tanggul di Garut, Puluhan Rumah Terendam

Liputan6.com, Garut - Hujan deras yang terus-menerus mengguyur Garut menjebol tanggul di sekitar area kompleks perumahan. Akibatnya, banjir melanda permukiman penduduk dan jalan raya di sejumlah daerah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Selasa malam, 20 September 2016.

Banjir terjadi di beberapa titik jalan, yakni di kawasan jalan sekitar Rumah Sakit dr Slamet, Kecamatan Tarogong Kidul, kemudian sejumlah titik jalan di kawasan kota. Banjir juga merendam kompleks Perumahan Buana, Desa Singdalaya, Kecamatan Karangpawitan.

Tokoh masyarakat kompleks Perumahan Buana, Hayat, menyebut tanggul yang jebol menyebabkan air Sungai Cimanuk mengalir deras ke permukiman penduduk yang berada di kompleks tersebut.

"Air datang saat hujan lebat, tanggul langsung jebol karena derasnya air yang masuk ke kawasan kompleks," kata Hayat, dilansir Antara.

Ia menyebutkan ada 20 rumah yang terendam air menyebabkan barang dalam rumah kotor. Warga berusaha membersihkan tanggul jalan dan aliran air selokan agar banjir di kompleks cepat surut.

"Genangan air kini sudah mulai surut setelah drainase diperbaiki," kata Hayat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.