Sukses

Seperti UGM dan IPB, Universitas Ini Juga Punya Hutan Pendidikan

Hutan pendidikan di lereng Gunung Arjuno, ini berfungsi sebagai laboratorium hidup dan tempat bagi civitas akademica melakukan penelitian.

Liputan6.com, Malang - Universitas Brawijaya atau Unibraw di Malang, Jawa Timur, resmi memiliki hutan pendidikan seluas 554 hektare di kawasan lereng Gunung Arjuno di Dusun Sumbersari, Desa Tawang Argo, Karangploso, Kabupaten Malang.

Direktur Pengelola UB Forest Eko Ganis Sukoharsono hari ini mengatakan hutan pendidikan ini berfungsi sebagai laboratorium hidup dan tempat bagi civitas akademica melakukan penelitian.

"Dengan adanya hutan pendidikan ini, bisa terlahir doktor dan publikasi nasional, dan sebelumnya hutan pendidikan yang diberi nama UB Forest itu juga telah ditandatangani oleh Menteri Lingkungan Hidup sebagai hutan lindung dan hutan industri," ucap Eko di Malang, Senin, 19 September 2016, seperti dilansir Antara.

Wakil Rektor I Prof Ir Kusmartono mengatakan tahun ini Unibraw berupaya menambah laboratorium sebagai kunci pengembangan universitas.

"Ke depan, UB akan terus berusaha mencoba menghasilkan inovasi baru melalui berbagai penelitan," kata dia.

Kusmartono berharap, Hutan Akademik yang baru saja diresmikan akan menjadi ladang inovasi untuk semua kalangan pendidikan dan membina masyarakat sekitar serta menghasilkan publikasi agar mampu bersaing dengan kampus besar lain seperti Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor.

Dalam kegiatan itu juga dicanangkan Hutan Brawijaya oleh 700 mahasiswa Unibraw ini secara lintas disiplin dengan ditandai penanaman beberapa bibit pohon secara simbolis

Selanjutnya, imbuh Kusmartono, penandatanganan prasasti peresmian Hutan Pendidikan oleh Kepala Pengembangan dan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan dan Kehutanan Bambang Supriyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.