Sukses

Tiba di Solo, Jemaah Haji Langsung Sujud di Bandara

Jemaah haji yang tiba pertama di Solo merupakan rombongan Kloter 1 yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Solo - Jemaah Haji Indonesia dari Kelompok Terbang (Kloter) 1 Debarkasi Solo (SOC) telah tiba di Bandara Adi Soemarmo, Minggu malam tadi. Jemaah haji yang tiba pertama di Solo, Jawa Tengah, merupakan rombongan kloter 1 yang berasal dari Tegal.

Pantauan Liputan6.com, pesawat Garuda Indonesia yang membawa rombongan jemaah haji kloter 1 tiba di Bandara Adi Soemarmo, sekitar pukul 21.45 WIB. Setelah pintu pesawat dibuka, jemaah haji satu per satu turun melalui tangga pesawat. Sejumlah anggota jemaah haji pun bersujud di landasan bandara sebagai wujud syukur setelah kembali ke Tanah Air dari Tanah Suci.

Setelah itu, jemaah haji langsung naik bus yang telah menunggu di bandara sejak pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, rombongan jemaah haji diangkut menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Kepala Sub Bagian Humas Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Bandara Adi Soemarmo, Agus Widakdo mengatakan, Kloter 1 Solo tersebut berangkat dari Arab Saudi, Minggu subuh sekitar pukul 04.40 waktu setempat.

Jemaah haji K‎loter 1 Solo tiba di Bandara Adi Soemarmo, Minggu (18/9/2016) malam. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

"Pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah haji Kloter 1 diberangkatkan dari Arab Saudi sekitar pagi. Kemudian setelah sempat transit di Aceh untuk mengisi bahan bakar, pesawat langsung melanjutkan penerbangan menuju Adi Soemarmo, Solo," kata dia, Minggu malam, 18 September 2016.

Lebih lanjut dia mengatakan, kloter 1 yang tiba malam ini merupakan rombongan jemaah haji dari Tegal, Jawa Tengah. Jumlah anggota jemaah haji kloter tersebut mencapai 359 orang. "Dari kloter 1 jumlah jemaah hajinya berkurang satu orang karena ada yang meninggal dunia di Arab Saudi," ia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini