Sukses

Jawara Anugerah Pesona Indonesia 2016, NTT Diharap Kian Mendunia

Dari 10 kategori yang dilombakan, NTT masuk nominasi dalam enam kategori dan berhasil menjadi juara satu untuk beberapa kategori.

Liputan6.com, Kupang - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2016. Dari 10 kategori yang dilombakan, NTT masuk nominasi dalam enam kategori dan berhasil menjadi juara satu untuk beberapa kategori.

Berikut kategori yang disabet NTT dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016:

- Kategori Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot), Pantai Nemberala, Rote, juara 1
- Kategori Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya (Most Popular Cleanliness), Pantai Nihiwatu, Sumba Barat, juara 1
- Kategori Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site), Situs Bung Karno di Ende, juara 1
- Kategori Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot), Pulau Alor, juara 1
- Kategori Atraksi Budaya Terpopuler (Most Popular Cultural Atraction), Pasola, Sumba Barat Daya, juara 2
- Kategori Dataran Tinggi Terpopuler (Most Popular Highland), Danau Kelimutu, Ende, juara 3

Gubernur NTT Frans Lebu Raya kepada Liputan6.com mengatakan, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Di samping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama para pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

"Saya minta semua masyarakat NTT, terutama rekan media untuk selalu mempromosikan budaya dan pariwisata di NTT agar NTT semakin mendunia," ucap Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Jumat, 16 September 2016.

Piagam Penghargaan NTT menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2016. (Liputan6.com/Ola Keda)

Penganugerahan juara API 2016 ini diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan dihadiri petinggi daerah, gubernur, wali kota, bupati, dan kepala dinas pariwisata (kadispar).

Kegiatan ini dihadiri langsung Gubermur NTT Frans Lebu Raya, Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, Staf Khusus Kepresidenan Gories Mere, Bupati SBD Marius Dario Talu, Bupati Alor Amon Djobo, Ketua Komisi V DPRD NTT Winston Rondo, Wakil Bupati Ende Muhammad Djafar, Ketua GP Ansor NTT Abdul Muis, anggota DPRD NTT Thomas Tiba, Anwar Hajral, dan Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Jelamu. ‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini