Sukses

Gawat, Yaki Monyet Langka Berambut Punk Tinggal 5 Ribu Ekor

Liputan6.com, Bitung - Populasi monyet yaki yang dilindungi di Hutan Margasatwa Tangkoko, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, diperkirakan 5.000 ekor untuk semua spesies.

Yaki atau monyet wolai atau monyet hitam Sulawesi (Macaca nigra)/monyet pantat merah adalah satwa endemik Indonesia yang hanya terdapat Pulau Sulawesi bagian utara dan beberapa pulau di sekitarnya, yakni di Hutan Tangkoko Bitung.

Yaki merupakan jenis monyet makaka terbesar yang ada di Pulau Sulawesi dengan ciri khas adalah warna seluruh tubuhnya yang hitam dan memiliki rambut berbentuk jambul di atas kepalanya, serta memiliki pantat berwarna merah muda.

Hasil penelitian dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) menunjukkan terjadi penurunan populasi monyet 80 persen selama 40 tahun terakhir. Untuk kategori populasi hewan dilindungi, tren itu menjurus fase sangat terancam.

"Jumlah ini sudah sangat mengkhawatirkan dan dapat berakibatkan kepunahan monyet langka," kata Duta Yaki Kota Bitung Khouni Lomban Rawung di Bitung, Rabu 14 September 2016, dilansir Antara.

Monyet itu telah dilindungi negara dengan payung UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi dan Sumber Daya Alam, dengan ancaman lima tahun penjara dan denda Rp 100 juta.

"Bahkan sedang digodok revisi undang-undang ini untuk memberikan ancaman hukuman dan denda yang lebih besar," kata Rawung.

Yaki memiliki ciri tubuh yang mudah dibedakan dengan spesies lainnya. Tingginya sekitar 44-60 cm, dengan berat badan sekitar 7-15 kilogram, cukup besar jika dibandingkan dengan monyet Sulawesi lainnya.

Kulit Yaki berwarna hitam legam dengan bulu hitam mengkilat yang menutupi seluruh tubuhnya, kecuali wajah, telapak tangan, dan pantat. Moncongnya lebih menonjol jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Ciri khasnya adalah kepala hitam yang memiliki jambul hingga menyerupai gaya rambut model punk. Yaki memiliki ekor sepanjang 20 sentimeter, berbeda dengan kera-kera jenis lain yang umumnya memiliki ekor relatif panjang sehingga mereka sekilas akan nampak tidak memiliki ekor.

Cirinya yang paling mencolok adalah pantatnya yang berwarna merah muda. Bantalan tunggingnya berbentuk seperti ginjal dan berwarna kuning. Warna tubuh Yaki betina dan muda lebih pucat jika dibandingkan dengan Yaki jantan dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini