Sukses

Amukan Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Deli Serdang

Angin ribut menyapu dua kecamatan di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Medan - Cuaca ekstrem masih melanda Provinsi Sumatera Utara. Setelah banjir melanda kawasan Langkat beberapa waktu lalu, kali ini puluhan rumah di Deli Serdang, diterjang angin puting beliung.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang Darwin Surbakti mengatakan, puting beliung terjadi di dua kecamatan. Yaitu, Hamparan Perak dan Pantai Labu.

"Kejadiannya Senin malam tanggal 12 September 2016 kemarin. Puluhan rumah rusak parah dihantam puting beliung," ucap Darwin, Selasa (13/9/2016) malam.

Ia menjelaskan, desa dari dua kecamatan yang dipastikan diterjang puting beliung adalah Selemak, Kelambir, dan Hamparan Perak. Serta, Desa Kelambir dan Rantau Panjang.

"Angin puting beliung terjadi habis adan Magrib, sebelumnya terjadi hujan deras," ia mengungkapkan.

Warga Desa Selemak, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Bahtiar mengungkapkan rumah yang rusak di kampungnya mencapai 25 unit. Selain roboh, ada rumah yang atapnya terangkat, ada pula tertimpa pohon.

"Tujuh belas rusak parah, lima rusak ringan. Rumah yang rusak ada di Dusun 1, 2, dan 3. Aliran listrik padam," tutur Bahtiar.

Sementara di Kecamatan Pantai Labu, angin ribut juga merusak sekitar 12 rumah. Di Desa Kelambir didapati tujuh rumah yang rusak. Sedangkan di Desa Rantau Panjang terdapat lima rumah yang terdampak.

Beberapa hari sebelumnya, selain di Kabupaten Deli Serdang, cuaca ekstrem juga terjadi di Kota Medan.

Di Medani, hujan deras mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir. Sementara pada Senin malam, 12 September 2016, terjadi pohon tumbang di Jalan Jendral Sudirman, Medan. Yang tak jauh dari rumah dinas Kapolda Sumut, Gubernur Sumut, dan rumah dinas Wali Kota Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini