Sukses

Tangsel Menjadi Tuan Rumah untuk Global Innovation Forum 2016

Liputan6.com, Jakarta Dalam membentuk sebuah pembangunan ekonomi kreatif yang berkelanjutan kunci utamanya ialah dibutuhkannya inovasi dalam menghubungkan IPTEK dengan sosial budaya dan lingkungan.

Diperlukan adanya jaringan kerja sama yang baik antar pelaku inovasi seperti kolaborator inovasi (pendidikan tinggi, litbang dan industri), fasilitator (pemerintah pusat dan daerah), dan praktisi (pengetahuan dasar dan teknologi fundamental).

Atas kebutuhan dasar tersebut dibentuk sebuah platform internasional untuk diskusi terbuka antar berbagai aktor inovasi.

World Technopolis Association (WTA) dan United Nations Eductional, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) telah bekerjasama dalam mengembangkan kota pengetahuan yang berdasarkan Taman Pengetahuan dan Teknologi, dan mempromosikan budaya inovasi dalam konteks global.

Melanjutkan dari DGIF 2015 (Daejeon Global Innovation Forum), WTA bekerjasama dengan UNESCO ingin menyelenggarakan TGIF (Tangerang Selatan Global Innovation Forum).

Kota Tangerang Selatan resmi ditunjuk untuk mewakili Indonesia yang akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) 2016 pada tanggal 20-23 September 2016.

Dalam acara inovasi yang berlevel Internasional, forum ini akan dihadiri oleh peserta dari berbagai negara asing sebagai tamu undangannya.

Dengan mengundang wali kota dari 90 negara yang tergabung dalam World Technopolis Association (WTA). Untuk itu, Pemkot Tangsel menganggarkan Rp 18,5 miliar sebagai dana persiapan untuuk acara tersebut.

Forum yang juga mengundang para ilmuwan itu rencananya akan digelar di kawasan Puspiptek, Kecamatan Setu, Tangsel.

"Tangsel terpilih sebagai tuan rumah, lantaran di kota itu memiliki pusat penelitian ilmu dan teknologi atau Puspiptek. Ia berharap bisa mengambil manfaat dari gelaran tingkat internasional. Ia juga berharap acara itu bisa mempercepat rencana mewujudkan kota pintar berbasis teknologi di Tangsel," ujar Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie.

TGIF akan mengangkat tema "Pembangunan Berkelanjutan” dan diprediksi akan ada lebih dari 500 hingga 1.000 tamu yang akan datang ke acara berskala dunia ini.


(Adv)