Sukses

Dibuang di Kali, Bayi Laki-Laki Berari-ari Masih Hidup

Liputan6.com, Kefamenanu, NTT - Warga Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) dihebohkan dengan penemuan bayi laki-laki di sebuah kali mati. Saat ditemukan, bayi itu masih hidup lengkap dengan ari-ari dan tak dibungkus selembar kain. Bayi itu diduga dibuang ibu kandungnya karena malu akan statusnya tanpa suami.

Kasubag Humas Polres TTU, AKP Petrus Liu kepada Liputan6.com mengatakan, bayi itu pertama kali ditemukan seorang warga bernama Wili Kapitan, pada Minggu (11/9/2016) sekitar pukul 10.00 Wita. Bayi tersebut kemudian dibawa ke Puskesmas Sasi untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

"Saat ditemukan bayi itu masih hidup dan sementara menangis sambil menggerak–gerakkan kedua kakinya. Kondisi bayi tertidur tanpa dibungkus selembar kain pun, ari-ari bayi juga masih ada, sehingga langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk dirawat," ucap AKP Liu, Senin (12/9/2016).

Dia menambahkan, saat ini ibu bayi, Rosa Salu sudah ditahan. Pelaku mengaku ketakutan, sehingga membuang bayinya. Meskipun begitu, ibu muda ini belum menjelaskan secara terperinci, siapa ayah dari bayinya dan yang membantu persalinannya.

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui perbuatannya, bayi itu dilahirkannya dan ia sendiri yang pergi ke kali kering itu dan meletakkan bayinya di sana," tutur Liu.

Saat ini, penyidik Polres TTU masih melakukan pengembangan penyelidikan lebih lanjut.