Sukses

Cara Masuk Gembiraloka Yogya Tanpa Antre

Gembiraloka juga menyediakan aplikasi sebagai panduan wisata.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gembiraloka Zoo Yogyakarta kembali berinovasi dengan mengeluarkan kartu member Sobat Satwa dan aplikasi Oroundo. Dua program unggulan ini resmi diluncurkan pada Jumat, 9 September 2016. Dengan ikut program ini, pengunjung tak perlu antre.

Direktur Utama Gembiraloka Zoo KMT A Tirtodiprojo menjelaskan Kartu Sobat Satwa Gembiraloka Zoo (KSSGL) ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Tarsius dam Mambruk. Setiap kategori dibagi tiga segmen, yaitu anak anak, dewasa, dan keluarga.

Kategori Tarsius untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 75 ribu (usia setahun), mahasiswa dewasa Rp 90 ribu, dan keluarga Rp 300 ribu. Kategori Mambruk anak-anak hingga SMA Rp 150 ribu, dewasa Rp 180 ribu, dan keluarga Rp 575 ribu. Yang membedakan dari kategori ini adalah fasilitas yang didapat pengunjung.

Tirto menjelaskan pengunjung dengan member Mambruk akan mendapatkan fasilitas berlebih seperti diskon suvenir, naik kapal, hingga kereta keliling.

"Mambruk bisa beri dapat diskon di toko suvenir. Tapi kalo Tarsius hanya masuknya," ujar dia.

Tirto mengatakan selama promosi ini ia menargetkan akan ada seribu member. Ia berharap dengan promosi ini akan menggaet sebanyak banyaknya jumlah pengunjung di Gembiraloka zoo.

"Targetnya promosi awal seribu ribu kartu dan targetnya nanti sampai 10 ribu orang. Jadi semakin dikenal maka semakin banyak," kata dia.

Aplikasi Satwa

Sementara itu, program aplikasi Oroundo bertujuan untuk mendukung pendidikan, khususnya pendidikan konservasi ex situ (di luar habitat aslinya) dengan mengenalkan satwa lebih menarik dan komunikatif.

Program baru Gembiraloka Zoo Yogyakarta (Liputan6.com / Yanuar H)

Aplikasi ini menyediakan informasi dalam format audio visual sebagai panduan online tempat tujuan wisata seperti Gembiraloka Zoo. Aplikasi ini bisa diunduh di App store dan Google play. Namun pengguna ini harus membayar voucher seharga Rp 10 ribu-Rp 15 ribu di lokasi Gembiraloka Zoo, Yogyakarta.

"Aplikasi ini secara otomatis akan memberikan deskripsi tentang satwa ketika kita mendekati area kandang satwa tertentu. Sementara ini baru 30 poin bisa mencakup 50-60 binatang," ujarnya.

Tirto mengatakan dengan program ini diharapkan target kunjungan ke Gembira Loka Zoo tahun ini bisa tercapai. Namun demikian, ia tidak yakin jumlah target tahun ini yang mencapai 1,8 juta orang terlampaui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini