Sukses

Hebat, Bakti Guru di Daerah Terpencil Ini Diakui Jokowi

Selama 25 tahun menjadi pegawai negeri sipil (PNS), Broto Seno kerap berpindah-pindah mengajar di sekolah-sekolah daerah terpencil.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang guru sekolah dasar (SD) yang berada di daerah terpencil, tepatnya di Desa Taman, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, Jawa Timur, menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Dia dinyatakan sebagai guru berprestasi serta berdedikasi.

Sang penerima penghargaan itu adalah Broto Seno (52), warga Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SDN 1 Taman.

Broto Seno menjadi salah satu dari 16 guru se-Indonesia yang menerima penghargaan dari Presiden Jokowi di Istana Negara pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Sebelum menerima penghargaan dari Presiden, pria kelahiran 1965 itu terlebih dahulu mengikuti seleksi di Jakarta bersama 28 guru se-Indonesia. Hanya 16 orang guru yang lolos dan mendapatkan penghargaan sebagai guru berprestasi dan berdedikasi.

"Sebenarnya yang ikut seleksi ketika itu dari Situbondo ada dua orang guru, termasuk saya. Namun teman saya tidak lolos, dan hanya saya yang mendapatkan tiket ke Istana Negara menerima penghargaan tersebut," kata Broto Seno, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 7 September 2016.

Selama 25 tahun menjadi pegawai negeri sipil (PNS), Broto Seno kerap berpindah-pindah mengajar di sekolah-sekolah daerah terpencil. Selain mengaktifkan kegiatan belajar-mengajar reguler dan ekstrakurikuler di sekolah, pria dengan tiga anak itu juga memberdayakan ekonomi wali murid melalui kegiatan kerajinan alat tempat ikan yang terbuat dari bambu.

"Kegiatan memberdayakan wali murid anak didik saya, koordinatornya langsung komite sekolah. Dan setiap satu tempat ikan dari bambu itu dibayar Rp 500," tutur Broto.

Dia memaparkan, saat ini memang masih ada kesenjangan antara pendidikan di kota dan di desa, khususnya daerah terpencil. Dan karenanya sang guru berharap agar pemerintah memerhatikan infrastruktur jalan, sarana prasana sekolah, serta jaringan internet di daerah terpencil. Sebab, saat ini kemajuan pendidikan tak dapat dipisahkan dengan kemajuan teknologi.

Sebanyak 10 dari 17 kecamatan yang tersebar di Situbondo masuk dalam kategori daerah terpencil.

Pada 17 Agustus 2016 lalu, setelah mendapatkan penghargaan, Broto yang merupakan alumnus Universitas Darul Ulum Jombang, Jawa Timur itu bisa berjabat tangan dengan Presiden Jokowi dan mengikuti Upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Istana, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini