Sukses

Di Yogya, AU Thailand Siap Kirim Pesawat Bantu Korban Bencana

Selain kebencanaan, juga disepakati adanya kerja sama pendidikan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Situs Angkatan Udara (AU) se-ASEAN diluncurkan dalam acara 13th ASEAN Air Chief Conference (AACC) di Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. Situs bertajuk www.aseanairforce.org ini merupakan wadah komunikasi dan kerja sama angkatan udara se-ASEAN yang sudah diinisiasi sejak dua tahun lalu.

"Selain komunikasi, dalam situs itu juga selalu diupdate kejadian atau bencana yang terjadi di negara-negara ASEAN, dan sudah disepakati setiap negara yang bergabung setuju untuk membantu penanganan bencana," ujar Marsekal TNI Agus Supriatna, Kepala Staf Angkatan Udara dalam jumpa pers seusai acara, Selasa malam, 6 September 2016.

Ia mencontohkan, Angkatan Udara Thailand siap menerjunkan pesawat untuk membantu daerah yang terkena bencana dalam kurun waktu 0 sampai 2 jam. Sedangkan Indonesia diyakininya bisa lebih cepat karena sudah terbiasa dengan penanganan bencana.

Selain kebencanaan, tutur dia, juga diadakan kerja sama dalam pendidikan, seperti exchange visit di antara perwira muda. Misal, pesawat dari Thailand membawa 10 perwira muda ke Indonesia, maka saat pesawat tersebut kembali ke negaranya juga ikut mengangkut perwira muda Indonesia.

Sebaliknya, saat para perwira muda Thailand hendak kembali ke negaranya diantar oleh pesawat Indonesia yang sekaligus menjemput perwira muda Indonesia pulang ke tanah air.

"Kalau diplomasi ASEAN bagus, maka diplomasi ke negara di luar ASEAN juga bagus karena sebagai bargaining position (posisi tawar) juga," ucap Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.