Sukses

Di Kabupaten Ini Jumlah Domba Lebih Banyak dari Penduduk

Juara ketiga kontes ternak domba tingkat nasional kategori ratu bibit.

Liputan6.com, Purwakarta - Populasi hewan ternak jenis domba di Kabupaten Purwakarta saat ini mengalami surplus. Bahkan, jumlah domba di Purwakarta sudah melebihi total jumlah penduduk di kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat tersebut.

Jumlah penduduk Purwakarta menurut data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mencapai 960.000 jiwa. Di lain pihak, jumlah populasi domba di Purwakarta menurut data dari Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta saat ini sudah menjadi 1 juta ekor.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta Ita Sriwuryusturati mengatakan surplus domba adalah buah dari kebijakan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang menargetkan Purwakarta sebagai daerah penghasil ternak utama di Jawa Barat.

"Kita pasok 10 persen kebutuhan domba di Jawa Barat. Hari ini ada sekitar 10 juta populasi domba di Jawa Barat," kata Ita dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu (7/9/2016).

Bukan saja dari segi kuantitas domba hasil ternak masyarakat Purwakarta bisa bersaing, kata Ita, segi kualitas pun tidak kalah dari domba hasil produksi Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Bahkan, Purwakarta meraih juara ketiga kontes ternak domba tingkat nasional kategori ratu bibit.

"Sudah lama sekali Garut dan Kabupaten Bandung mendominasi dunia peternakan Jawa Barat. Kini Purwakarta dengan wilayah yang tidak terlalu luas sudah mampu merangsek masuk. Kita juara tiga nasional kategori bibit unggul," ujar Ita seraya menerangkan luas wilayah Purwakarta 971,72 km².

Program Pengembangan Peternakan Purwakarta masih terus berlanjut. Ita menuturkan Purwakarta memiliki program unggulan lanjutan, yakni pengembangan Domba Garwa (Garut-Wanayasa). Program ini turut mendapat advokasi khusus dari Universitas Padjadjaran Bandung.

"Pengembangan Domba Garwa masih terus berlangsung. Progress-nya sangat bagus. Selain masyarakat dan anak-anak usia sekolah, program ini melibatkan kalangan akademisi dari Universitas Padjadjaran, sampai hari ini sudah ada ratusan domba Garwa," ujar Ita.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan pengembangan ternak yang dilakukan di wilayahnya sudah terintegrasi dengan program pendidikan berbasis karakter dan lingkungan. Pria yang sejak remaja menjadi penggembala domba ini mengaku akan tetap memprioritaskan peternakan hingga jelang akhir tugasnya pada 2018.

"Surplus domba ini tidak terlepas dari program pendidikan berkarakter. Tapi kami tidak akan berhenti, program ini tetap kami jadikan prioritas," kata Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini