Sukses

Ketat, Kambing Kurban di Kota Ini Dicek Ante-Post Mortemnya

Gerakan dan cara berjalan kambing kurban ini juga ikut diperiksa.

Liputan6.com, Tegal - Ratusan hewan kurban di Kota Tegal, Jawa Tengah, khususnya kambing mendapatkan pemeriksaan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Adha. Sekujur tubuh hewan-hewan berkaki empat tersebut dicek kondisinya.

Pemeriksaan meliputi ante-mortem atau fisik luar. Yakni, dengan melihat kondisi hewan dari depan, samping, dan belakang, serta diperiksa keadaan tubuh hewan, gerakan, dan cara berjalannya.

(Fajar Eko Nugroho/Liputan6.com)

Pemeriksaan juga berlanjut dengan mengecek hidung kambing untuk memastikan kebersihannya dan tidak ada kotoran.

"Termasuk pernapasan dan selaput lendir, kulit, dan kelenjar getah bening. Harus normal tidak ada luka, leleran, benjolan, maupun pembengkakan," ucap Kepala Bidang Peternakan Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP) Zainal Ali Mukti di sela-sela pemeriksaan, di penampungan kambing milik Kelurahan Slerok, Tegal Timur, Jateng, Senin 5 Agustus 2016.

Setelah diperiksa, hewan kurban selanjutnya diberi vitamin. Sementara, pemeriksaan bagian organ dalam atau post mortem akan dilakukan setelah pemotongan kambing.

"Kalau setelah pemeriksaan hewan dinyatakan tidak sehat, maka ditunda atau tidak boleh dipotong sebelum diobati. Sementara yang sehat hanya diberi vitamin," ucap Zainal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini