Sukses

Hore, Diskon Sembako di Bali hingga 20 Persen

Diskon sembako di pasar murah di Bali ini dalam rangka Galungan.

Liputan6.com, Denpasar - Pemerintah Kota Denpasar memberikan diskon sebesar 20 persen untuk setiap pembelian barang kebutuhan pokok berupa hasil pertanian dalam pasar murah yang digelar menjelang Hari Raya Galungan.

"Pasar murah ini ada subsidi silang dengan membeli kupon seharga Rp 100 ribu, dan masyarakat dapat belanja Rp 120 ribu," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Denpasar Ambara Putra, di Denpasar, Kamis, 1 September 2016, dilansir Antara.

Pasar murah tersebut digelar di Lapangan Lumintang mulai 1-3 September 2016 yang dibuka oleh Ketua PKK Denpasar Selly Mantra. Menurut dia, masyarakat sebelum berbelanja di pasar murah terlebih dahulu membeli kupon pasar murah untuk mendapatkan potongan harga sebesar 20 persen.

Sejumlah kebutuhan utama Hari Raya Galungan di antaranya buah pisang, salak, mangga, serta aneka buah lokal lainnya. Selain itu, ada pula bambu untuk pembuatan "penjor" (hiasan janur dan bambu), janur, bunga, dupa, aneka jajanan serta beragam hiasan janur yang telah dirangkai sebagai sarana upakara Galungan seperti "lamak" dan hiasan penjor dan tempat suci.

Selain kebutuhan utama Galungan, juga dijual barang kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dari pasaran, seperti beras, bumbu-bumbu dan minyak goreng.

Pedagang buah dari Tabanan, Kadek Sriwartini menjelaskan bahwa harga buah jeruk Lumajang Rp 10 ribu setelah mendapatkan potongan harga 20 persen dari harga semula Rp 12.000.

Sedangkan harga pasaran berkisar Rp 15 ribu per kilogram, sehingga konsumen mendapatkan potongan sebesar Rp 3.000. Harga pisang raja per biji Rp 800 dari harga pasaran Rp 1.000 per biji.

Pedagang lainnya Ari yang biasa berjualan di Pasar Yadnya Kesiman Denpasar menambahkan bahwa harga janur dari Karangasem ukuran satu gabung dijual lebih murah yakni Rp 44 ribu dari harga pasar murah Rp 55 ribu.

"Sedangkan harga di pasaran ukuran satu gabung itu dijual kisaran Rp 60 ribu," kata dia pula.

Adanya pasar murah yang dinilai cukup istimewa karena menjual kebutuhan utama Galungan itu disambut antusias masyarakat, mengingat harga lebih murah dan ditambah diskon 20 persen.

"Ini sangat membantu sekali karena harga kebutuhan sekarang naik semua. Saya berharap ini berkelanjutan dilakukan," kata seorang pembeli bernama Agung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini