Sukses

Besok, Puncak Gerhana Matahari Cincin di Langit Mentawai

Liputan6.com, Bengkulu - Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebutkan puncak gerhana matahari cincin pada Kamis, 1 September 2016 dapat diamati dari Pulau Mentawai, Sumatera Barat.

"Kontak pertama gerhana untuk wilayah Indonesia terjadi di Pacitan, Jawa Timur. Tapi puncak gerhana pertama teramati di Pulau Mentawai, Sumatera Barat," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto, di Bengkulu, Rabu (31/8/2016).

Ia mengatakan kontak pertama gerhana matahari cincin di Indonesia adalah di Pacitan yang terjadi pada pukul 17.26 WIB untuk selanjutnya menyebar ke daerah lain.

Puncak gerhana itu, kata Sudiyanto, pertama kali teramati di Seai, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 17.52 WIB untuk selanjutnya menyebar ke lokasi lainnya di Sumatera.

Gerhana matahari kali ini ditandai dua garis merah yang berdekatan serta dapat diamati di Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia.

Untuk wilayah Indonesia, menurut BMKG, gerhana dapat diamati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi, yaitu Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

"Gerhana dapat diamati dengan syarat kondisi cuaca cerah. Apalagi, terjadinya menjelang malam jadi sangat rawan tertutup awan," kata Sudiyanto.

Khusus untuk Bengkulu, kata dia, gerhana matahari teramati hampir dari seluruh wilayah Bengkulu. Antara lain Argamakmur, Karang Tinggi, Kota Bengkulu, Manna, Curup, dan Kepahiang.

Ia mengimbau masyarakat yang ingin mengamati gerhana agar menggunakan alat pengaman berupa kacamata hitam atau perangkat lain guna melindungi mata dari dampak buruk kontak langsung dengan matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.