Sukses

Suara Dentuman Mengagetkan Terdengar di Solo Hingga Sukoharjo

Suara dentuman itu bukan berasal dari pesawat jatuh.

Liputan6.com, Solo - Warga Solo dan sekitarnya sempat dihebohkan dengan suara dentuman. Kabar beredar menyebut sumber dentuman berasal dari pesawat yang jatuh di Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Ternyata, suara tersebut merupakan efek suara dari pesawat F-16 yang sedang melintas Gunung Lawu.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Warastratama/074 Surakarta, Mayor Inf Mantang mengatakan setelah beredar kabar suara ledakan keras di media sosial, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Danramil Karangpandan, Karanganyar.

"Kami mengontak pihak Danramil untuk mencari sumber suara di wilayah Karangpandan. Pihak Danramil juga mengerahkan relawan untuk mencari sumber suara tersebut," kata Mantang kepada Liputan6.com, Selasa (30/8/2016).

Sebelumnya, netizen dihebohkan dengan kabar suara dentuman keras di Solo, Sragen, Karanganyar, hingga Sukoharjo.  Beberapa netizen mengabarkan jika ledakan keras itu bersumber dari jatuhnya pesawat di wilayah Karangpandan, Karanganyar.

Untuk memastikan sumber suara tersebut, lanjut dia, pihaknya juga mengontak Kasi Intel Lanud Iswahyudi Madiun, Mayor Rico. Pihak Lanud Iswahyudi mengungkapkan suara tersebut adalah efek suara yang ditimbulkan dari pesawat F-16 yang kecepatannya melebihi kecepatan suara atau disebut sonic boom.

"Pesawat jet tersebut mengeluarkan sumber suara tersebut saat melintasi di sekitar Gunung Lawu," kata Mantang menirukan ucapan Kasi Intel Lanud Iswahyudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini