Sukses

Pulang ke Manado, Liliyana Natsir Dapat Rumah dan Rp 250 Juta

Peraih medali emas bulu tangkis nomor ganda campuran di Olimpiade Rio 2016 ini pun mengapresiasi sambutan warga Manado.

Liputan6.com, Manado - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan bonus sebuah rumah kepada pebulu tangkis Liliyana Natsir peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Penyerahan sertifikat rumah tipe 60 itu diberikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada Liliyana Natsir, di Manado, Senin ini.

Penyerahan hadiah rumah secara simbolis untuk Liliyana Natsir tersebut dihadiri pula Wakil Gubernur Sulut Steven Kandou, Kapolda Sulut Irjen Pol Wilmar Marpaung, dan Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Sulut Mecky Onibala.

Gubernur Olly Dondokambey mengatakan bangga atas prestasi yang diraih oleh Liliyana Natsir. "Terima kasih telah membawa harum Indonesia, dan Sulut dengan prestasi di Olimpiade," ucap Olly di Manado, seperti dilansir Antara, Senin (29/8/2016).

Liliyana mengatakan merasa senang karena dapat apresiasi dan penghargaan dari gubernur. "Ini akan memotivasi saya untuk dapat membawa harum nama bangsa dan daerah Sulut," ucap Liliyana Natsir yang bersama Tontowi Ahmad meraih medali emas ganda campuran bulu tangkis di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Pebulu tangkis yang akrab disapa Butet ini pun mengapresiasi sambutan warga Manado. Sebab, saat pulang kampung dijemput dan diarak keliling Manado.

"Berharap ini akan memotivasi para generasi muda di daerah ini untuk bisa berprestasi membawa harum nama bangsa Indonesia dan Sulut," ujar wanita kelahiran Manado 9 September 1985 tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bonus Rp 250 Juta

Tak hanya hadiah rumah. Liliyana Natsir juga mendapat bonus berupa uang sebesar Rp 250 juta dari Pemerintah Kota Manado bersama DPRD.

"Uang penghargaan bagi Liliyana akan dianggarkan dalam perubahan APBD 2016, apalagi yang mengusulkan adalah dewan," kata Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan di Manado, seperti diwartakan Antara, Senin (29/8/2016).

Bastiaan mengatakan, dana tersebut diberikan karena pemerintah dan DPRD merasa bangga ada atlet asal Manado yang bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia, di ajang pertandingan olah raga dunia.

Dia berharap uang penghargaan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan Lilyana sekaligus mendukung langkahnya di dunia bulu tangkis di Indonesia.

Adapun Ketua DPRD Manado Noortje Henny Van Bone mengatakan, pemberian penghargaan kepada Lilyana senilai Rp 250 juta adalah bentuk kebanggaan pemerintah dan masyarakat Manado atas perhatian prestasi yang dibuat Liliyana Natsir.

"Kami sudah membicarakannya dan sepakat menganggarkan dana untuk penghargaan kepada atlet hebat tersebut, tinggal ditetapkan dalam APBD saja," ujar dia.

Ketua KONI Manado Hengky Kawalo mendukung langkah pemerintah memberikan uang penghargaan bagi Lilyana Natsir sebagai bentuk kepedulian dan keinginan membantu atlet berprestasi dari Manado.

"Tentu saja apa yang dilakukan pemerintah Manado patut kita apresiasi bersama, karena memberikan perhatian penting kepada atlet nasional berprestasi asal daerah," sebut dia.

Hengky berharap perhatian pemerintah daerah kepada Liliyana Natsir itu akan menjadi motivasi bagi atlet lainnya untuk mencetak prestasi yang lebih baik dan gemilang di waktu mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.