Sukses

Kapolres Meranti Dicopot Usai Rusuh Kasus Honorer Bunuh Polisi

Kapolres Meranti itu baru menjabat selama tiga bulan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Dinilai gagal meredam kemarahan massa terkait tewasnya pegawai honorer Apri Adi Tama yang  membunuh Brigadir Adil S Tambunan, AKBP Asep Iskandar dicopot jabatannya sebagai Kapolres Kepulauan Meranti, Riau.

Kapolda Riau Brigjen Supriyanto menyebut kinerja mantan Kasubdit II Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau belum maksimal.

"Kinerjanya dinilai belum maksimal," ujar Supriyanto dikonfirmasi terkait pencopotan Asep ini, Sabtu (27/8/2016).

Supriyanto tak menampik pergantian ini berkaitan erat dengan dengan tewasnya Apri, pelaku pembunuhan Brigadir Adil. Peristiwa itu memicu kerusuhan dan ratusan massa menyerang Mapolres setempat.

Dengan bergeseranya pria yang baru menjabat sekitar tiga bulan menjabat ini, tampuk kepemimpinan Polri di kabupaten termuda di Riau ini dipastikan kosong. Pasalnya, belum ada penunjukan pengganti dari Asep.

Selain mencopot Asep, Polda Riau juga telah membawa 15 anggota polisi yang menangkap Apri hingga berujung kematian dan anggota yang mengamankan demo sehingga menewaskan seorang warga lainnya, Isrusli.

"Pemeriksaan secara internal masih dilakukan secara intensif," kata Kapolda.

AKBP Asep baru menjabat sebagai Kapolres Meranti pada pertengahan Mei lalu. Dia menggantikan AKBP Pandra Arsyad yang ditarik ke Bareskrim Mabes Polri.

Selama Pandra menjabat, kepolisian di Meranti dikenal dekat dengan masyarakat. Mantan Abang None Jakarta itu sering turun ke lapangan dan dikenal dengan Bupati kedua di Tanah Jantan.

Terpisah dari itu, adanya kerusuhan di Meranti berawal dari tewasnya Brigadir Adil karena ditikam oleh Apri. Apri kemudian ditangkap serta ditembak hingga akhirnya meregang nyawa.

Warga menilai kematian Apri tidak wajar karena wajahnya lebam-lebam usai ditangkap. Masyarakat marah dan bersama-sama mengepung Mapolres dan mengepungnya.

Akibat kejadian ini, Meranti sempat mencekam. Ratusan polisi dikerahkan dan warga tetap bertahan meminta Kapolres dan anggotanya ditindak.

Untuk menenangkan massa, Kapolda Riau turun tangan. Dia berdialog dengan warga dan tokoh masyarakat supaya tak ada kerusuhan lanjutan. Dia juga mengunjungi keluarga Apri dan Isrusli.

Sejauh ini, Kepulauan Meranti sudah kondusif. Aktivitas warga sudah pulih sepenuhnya. Meski demikian, ratusan personel dari beberapa Polres terdekat serta pasukan Brimob masih disiagakan di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini