Sukses

Ayah dan Anak di Kalteng Tertangkap Tangan Bakar Lahan

Pasangan ayah dan anak itu sudah biasa membakar lahan sebelum musim tanam.

Liputan6.com, Sampit - Dua warga Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yakni Jumali (46) dan Rudi (27) yang merupakan ayah dan anak, diamankan polisi karena tertangkap tangan membakar lahan.

"Mereka terbukti kepergok membakar lahan makanya langsung kami amankan, bersama barang bukti korek api dan parang," kata Kapolsek Parenggean Iptu Saldicky Julanda Al Karim dilansir Antara, Jumat, 26 Agustus 2016.

Ayah dan anak warga Desa Bajarau itu mengaku membakar untuk membersihkan lahan ukuran 15x20 meter milik mereka. Cara itu diakui sudah dilakukan petani setempat sejak lama ketika menyiapkan lahan sebelum musim tanam.

Polisi bertindak tegas dan mengamankan mereka beberapa waktu lalu karena sudah ada aturan larangan pembakaran lahan. Aturan tersebut juga sudah lama disosialisasikan pemerintah daerah dan kepolisian sehingga seharusnya masyarakat mematuhinya.

Keduanya dijerat dengan sangkaan tindak pidana ringan. Kejadian itu diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi warga lainnya agar tidak membakar lahan.

"Kami tidak main-main. Kalau ada yang ditemukan membakar lahan maka akan kami tangkap dan proses sesuai aturan," kata Saldicky.

Tindakan tegas kepolisian diharapkan bisa memberi efek jera. Tujuan utamanya adalah mencegah terjadinya kebakaran lahan dan kabut asap parah seperti tahun lalu. Bencana kabut asap sangat merugikan masyarakat luas dan mengancam kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini