Sukses

Jauhi Antena Saat Petir Menggelegar

Sudah empat warga Labuhan Batu, Sumatera Utara, tewas disambar petir dalam minggu ini.

Liputan6.com, Medan - Empat orang meninggal dunia akibat tersambar petir di Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Keempatnya meninggal dunia pada Selasa, 23 Agustus 2016.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), intensitas petir di Sumut tergolong tinggi. Masyarakat diimbau mewaspadai terhadap cuaca buruk tersebut.

"Selain hujan dan angin, intensitas petir juga tinggi. Saat ini cuaca di Sumut buruk," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Medan Sunardi, Kamis 25 Agustus 2016.

Sunardi menyarankan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi di Labuhan Batu, masyarakat harus lebih berhati-hati. Masyarakat juga diminta untuk mencari atau berteduh di tempat yang aman saat terjadi hujan.

"Saat hujan, usahakan tidak dekat dengan material yang dapat menghantarkan arus listrik dengan mudah. Kemudian, hindari juga dekat dengan benda yang mengandung besi atau dekat antena saat intensitas petir sedang tinggi," tutur Sunardi.

Tak hanya petir, hujan lebat disertai angin kencang kerap terjadi dalam sepekan terakhir di Sumut. Hujan juga sering menggenangi air di sejumlah jalan, sementara debit sungai tergolong tinggi saat hujan lebat terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini