Sukses

Kereta Klinik Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Hari Ini

Kereta Klinik dirancang mirip ambulans dengan memanfaatkan gerbong kereta rel diesel yang disulap seperti ruang pemeriksaan kesehatan.

Liputan6.com, Malang - Kereta Klinik atau Rail Clinic dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur tepatnya di sekitar wilayah Stasiun Cerme, Sabtu (20/8/2016).

Manager Healty Publish Rail Clinic PT KAI, yang juga koordinator pengoperasian Kereta Klinik, dr Astrid Anindita di Malang, Jumat mengatakan pelayanan kesehatan menggunakan kereta klinik di Gresik merupakan bagian dari kegiatan Bhakti Sosial yang digelar PT KAI.

Ia mengatakan, sengaja memilih wilayah Cerme, Kabupaten Gresik karena dianggap jauh dari fasilitas dan pelayanan kesehatan, sehingga diharapkan warga bisa memanfaatkan keberadaan Kereta Klinik yang datang ke lokasi tersebut.

"Kereta Klinik ini akan berangkat dari Stasiun Sidotopo Surabaya pukul 08.00 WIB menuju Stasiun Cerme yang dijadikan sebagai pusat lokasi Bakti Sosial PT KAI, dan akan berakhir pada pukul 15.00 WIB," ucap Astrid.

Ia mengatakan, kereta tersebut akan memberikan pelayanan tingkat pertama dengan mengajak beberapa dokter umum, pelayanan pemeriksaan gigi, serta beberapa petugas laboratorium kesehatan.

"Di dalam kereta ada layanan pemeriksaan kehamilan dan apotik. Kami juga nantinya akan memberikan penyuluhan tentang perkeretaapian dan edukasi tentang kereta api," tutur dia.

Astrid berharap, keberadaan Kereta Klinik yang terdiri dari dua gerbong tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat di sekitar Stasiun Cerme untuk memeriksakan kesehatannya.

"Khusus untuk wilayah Daop 8 Surabaya ini merupakan yang pertama, dan selanjutnya kami akan pindah ke Daop lain yang membutuhkan pelayanan serupa," tutur Astrid.

Sebelumnya, Kereta Klinik yang dirancang mirip ambulans tersebut dibuat dengan memanfaatkan gerbong kereta rel diesel yang disulap seperti ruang pemeriksaan kesehatan.

Fasilitas yang ada dalam kereta antara lain ruang pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, ruang farmasi dan laboratorium, serta dapat melayani pemeriksaan kesehatan yang sifatnya preventif bagi masyarakat yang berada di sepanjang jalur kereta api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini