Sukses

Polisi-Polisi Blue Light Siap Sikat Penjahat Pantura

Operasi Blue Light turunkan kejahatan di Brebes hingga 20 persen.

Liputan6.com, Brebes - Kepolisian Resort Brebes Polda Jateng mengintensifkan patroli blue light atau patroli dengan menyalakan lampu biru milik tiga unsur kepolisian. Operasi digelar di sejumlah titik-titik di wilayah Brebes sebagai salah satu upaya mengantisipasi kejahatan jalanan.

Adapun patroli blue light itu dilakukan mulai dari jalur Pantura, Tengah, dan Selatan. Atau mulai dari perbatasan di Losari (Jateng-Jabar), exit tol Pejagan,  jalur lingkar selatan arah ke Purwokerto, exit tol Brebes Timur hingga ke perbatasan Kaligangsa (Brebes-Tegal).  

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, tak hanya petugas polisi laki-laki saja yang dilibatkan. Namun sejumlah polwan cantik pun ikut menjadi tim patroli blue light.  

Dengan mengendarai motor gede alias moge, seorang polwan sambil mengendarai sepeda motor tampak serius mengamati sekitar titik-titik yang menjadi obyek pengamanan. Mereka pun tak segan turun dari motornya untuk mengawasi gerak-gerik yang dianggap mencurigakan.  

Sejumlah polwan cantik itupun acapkali memberikan senyum dan sapa kepada masyarakat yang ditemuinya saat berhenti di titik-titik pengamanan didaerah rawan.

"Mobil dan motor patroli polisi dari Satuan Sabhara, Satuan Lalu Lintas, serta Satuan Pengamanan Objek Vital akan menyala agar pelaku berpikir dua kali melakukan aksinya," ujar Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung disela patroli blue light di sekitar alun-alun Brebes, Jateng, Rabu 16 Agustus 2016 malam.   

Kasatlantas menjelaskan, patroli blue light dilakukan setiap malam di titik-titik, terutama daerah rawan. Lampu biru menyala dimulai setelah apel malam pukul 20.00 WIB dan berakhir pukul 06.00 WIB.

Menurut Arfan, blue light ini sendiri memiliki arti, bahwa polisi akan terus melakukan patroli dengan membirukan kota bawang pada saat masyarakat sedang beristirahat di malam hari.

"Patroli blue light ini dilakukan setiap hari, banyak manfaat dan untuk menciptakan suasana yang kondusif," kata Arfan.  

Birunya Brebes kota dari lampu mobil patroli polisi menjadi cara ampuh untuk mencegah pelaku kejahatan, beraksi pada jam-jam rawan, khususnya pada malam hari.

"Dengan cara seperti ini kami yakin kejahatan jalanan di wilayah Brebes dapat diminimalisir dan menjadi aman dari aksi kriminalitas," tutur dia.

Berdasarkan catatan dari Polres Brebes dari indeks kejahatan di Brebes pada 2016, program tersebut mampu menurunkan kasus pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian disertai kekerasan turun hingga 20 persen dari pada tahun 2015 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.