Sukses

Ketoprak Cirebon Eksis di Kota Gudeg

Ketoprak Cirebon buatan Nanang sudah disesuaikan dengan lidah warga Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ketoprak, makanan asli Indonesia ini sudah melebur di berbagai daerah. Seperti yang terjadi di Yogyakarta, ketoprak, khususnya ketoprak Cirebon sukses menjadi primadona.

Hal ini dialami penjual ketoprak Cirebon di Jalan Tentara Rakyat Mataramno 29, Yogyakarta, Nanang Supriatna. Dia bercerita, sejak setahun terakhir berjualan ketoprak Cirebon di Kota Gudeg.

"Ketupat itu dari tahu tokolan prak prak. Memang aslinya Cirebon, orang tahunya Jakarta, padahal aslinya Cirebon," ujar Nanang di Yogyakarta, Selasa (16/8/2016).

(Yanuar H/Liputan6.com)

Ketoprak bikinannya hanya ada di tiga tempat di Yogyakarta. Menurut Nanang, banyak warga yang menyukai makanan khas buatannya.

"Resep kayak gini cuma tiga. Salah satunya di Krapyak. Sekilas mirip lotek kalau di Jogja," tutur dia.

Nanang mengklaim, ketoprak bikinannya beda. Ini karena citra rasa gurih dari bumbu kacang yang dibuat sesaat sebelum disajikan. Ditambah lagi resep rahasia keluarga yang sudah turun-temurun.

"Kekuatan ada di bumbu kacang. Ini resep keluarga. Rasa gurihnya masih alami, ada daun jeruk," ujar dia.

Ketoprak Cirebon buatan Nanang sudah disesuaikan dengan lidah warga Yogyakarta. Terutama telur yang biasa direbus diganti telur yang sudah digoreng.

Setiap hari, dia berjualan mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini