Sukses

Arti Merdeka buat Ridwan Kamil

Ridwan Kamil memilih berbaur dan mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan warga Kelurahan Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memiliki pandangan sendiri tentang makna kemerdekaan. Lalu apa makna merdeka di benak Ridwan?

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, merdeka adalah membahagiakan masyarakat dan terus berjuang untuk kepentingan warga Kota Kembang.

"Merdeka bagi kita adalah bahagia jika masyarakat merasa keadilan dan kemakmuran itu mengalami kemajuan. Saya tidak bilang kita sudah adil makmur, tapi kita sudah mengalami kemajuan dari sisi keadilan, kemakmuran, misalkan kredit melati, sekolah gratis, kesehatan gratis (program Pemkot Bandung)," kata Ridwan di Bandung, Jawa Barat, Rabu 17 Agustus 2016.

"Namanya pembangunan itu menyempurnakan, kita belum sempurna tapi ada kemajuan. Jadi merdeka bagi saya adalah kita bebas mengejar mimpi yang kita mau, mau jadi apa saja kebebesan adalah hadiah dari kemerdekaan," tutur dia.

Untuk memeriahkan HUT ke-71 RI, Emil memilih berbaur dan mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan warga Kelurahan Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Seperti balap makan kerupuk, tarik tambang, dan balap bakiak.

"Kemerdekaan ini hanya setahun sekali dirayakan dan khas Indonesia ada perayaan dengan kegembiraan, dalam rangka berbagi kegembiraannya dobel saya datangi warga. Tahun lalu di Babakan Ciparay, tahun ini di Coblong," papar dia.

Salah satu perlombaan yang menarik, yakni lomba makan kerupuk di atas air. Pemenangnya adalah Wakil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial.

"Kalau istimewanya tahun ini lomba balap makan kerupuknya di atas air dan pejabat harus merakyat karena dulunya juga rakyat dan kembali menjadi rakyat dan pemenang balap kerupuk Pak Wakil Wali Kota. Intinya kita jangan jauh dari rakyat yang kita pimpin. Dari gesture wajahnya saja mereka sangat bahagia didatangi kita, mudah-mudahan ini jadi tradisi, kita sama rakyat tidak ada bedanya hanya kesibukannya saja," ucap Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini