Sukses

Upacara Kemerdekaan ala Keluarga Fatmawati Sukarno

Petugas upacara mengenakan pakaian dengan mencontoh gaya berbusana Fatmawati saat melaksanakan tugas sebagai ibu negara.

Liputan6.com, Bengkulu - Keluarga besar ibu negara Fatmawati Sukarno menggelar upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia di salah satu kediaman kerabatnya menggunakan pakaian adat asli Bengkulu.

Upacara yang dipimpin Ketua RW 02, Kelurahan Pasar Melintang, Kota Bengkulu, itu terasa berbeda. Sebab, para petugas upacara perempuan menggunakan baju kurung lengkap dengan sunting atau hiasan kepala berbahan kuning keemasan.

Sedangkan, petugas pria menggunakan destar atau tutup kepala pengantin dan kain berbahan benang emas digunakan bersama jas hitam khas Bengkulu.

Para peserta upacara juga terlihat mengenakan pakaian hitam putih dan putih putih sambil memegang bendera merah putih. Terlihat juga dua orang sesepuh Yayasan Fatmawati duduk di kursi di antara peserta upacara lain.

Koordinator upacara, Lindo Utama mengatakan, mereka sengaja mengenakan pakaian adat ini untuk menghormati adat budaya Bengkulu. Apalagi, Fatmawati selalu mengenakan pakaian adat dan tradisional dalam setiap kegiatan kenegaraan.

"Ini penghormatan kami untuk pejuang dan ibu negara Fatmawati," ujar Lindo di Bengkulu, Rabu (17/8/2016).

Jika dalam upacara kenegaraan yang digelar pemerintah selalu mengedepankan formalitas, kata Lindo, pihaknya ingin masyarakat kecil dan orang pinggiran juga bisa merasakan aura kemerdekaan dan ikut menjadi peserta upacara.

"Orang pinggiran dan kaum marjinal juga harus ikut terlibat dan merasakan makna kemerdekaan. Inilah nasionalisme, mereka juga orang Indonesia dan cinta terhadap tanah air Indonesia," kata Lindo Utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini