Sukses

Replika Bom Mainan Gegerkan Kantor Pemkab Bandung Barat

Replika bom mainan itu kerap digunakan TNI AD saat menjalani latihan.

Liputan6.com, Bandung - Sebuah benda mirip bom sempat menggegerkan lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat, Jawa Barat. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian, ternyata benda mencurigakan tersebut hanyalah replika bom mainan yang digunakan TNI AD saat menjalani latihan.

Sebelumnya, benda mirip bom ditemukan oleh petugas Dinas Kebersihan Pemkab Bandung Barat bernama Rangga. Namun kepolisian pun memastikan bom yang sangat mirip dengan aslinya itu tidak berbahaya.

Sebuah benda mirip bom sempat menggegerkan lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. (Liputan6.com/Aditya Prakasa)

"Info terakhir bahwa benda yang diduga bom di Kantor Pemkab KBB merupakan replika bom milik TNI AD," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus di Bandung, Selasa (16/8/2016).

Kemudian, lanjut Yusri, replika bom mainan tersebut kini telah dikembalikan kepada pihak TNI AD. Sebelumnya, pemeriksaan telah dilakukan oleh tim Gegana Unit Jibom Polda Jabar.

"Setelah diperiksa oleh Unit Jibom Polda Jawa Barat, kemudian dikembalikan ke Pusdik TNI AD. Beberapa hari yang lalu ada siswa TNI AD melakukan latihan di daerah sekitar area itu, sekarang sudah aman," dia menjelaskan.

Sebuah benda mirip bom sempat menggegerkan lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. (Liputan6.com/Aditya Prakasa)

Sementara itu, Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi mengatakan benda tersebut bukan bahan peledak sungguhan. Dia pun menyampaikan kepada masyarakat agar tidak lagi khawatir.

"Kita tetap waspada masyarakat juga tetap waspada kita perlu menjaga lingkungan baik pribadi, perumahan dan juga kantor dan kita tetap kok melakukan sistem pengamanan yang baik," Kapolres Cimahi memungkasi keterangan soal benda mirip bom tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.